PENERAPAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA TUNADAKSA CEREBRAL PALCY KELAS IV SDLB-D YPAC SURABAYA

  • NIKMATUS SHOLIHAH

Abstract

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi self-management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa tuna daksa cerebral palcy di SDLB-D YPAC Surabaya. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 siswa kelas IV yang mempunyai disiplin belajar yang kurang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic non parametric dengan uji tanda (sign test). Hasil analisis data pre-test dan post test, dengan uji tanda, dapat diperoleh ρ = 0.031 yang ternyata lebih kecil dari α sebesar 5% = 0,05. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan skor disiplin belajar siswa dapat dikatakan signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi self management dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa. Dari hasil analisis data dapat diketahui ada perubahan skor antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang menggunakan strategi self-management  dalam meningkatkan perilaku disiplin belajar siswa tuna daksa cerebal palcy kelas IV SDLB-D YPAC Surabaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi self-management dapat meningkatkan disiplin belajar siswa tuna daksa cerebral palcy kelas IV SDLB-D YPAC Surabaya.

 

 

Kata kunci: strategi self-management, disiplin belajar siswa,

 

 

Abstract

The purpose of this research is to test of self-management strategies to increase the learning disciplinary of Physical impairment student at fourth grade in SDLB-D YPAC Surabaya.This research used pre-experimental method with one group pre-test post-test design. The subjects of this study are five students of class IV that have discipline problem on their learning. The analysis of statistical data used sign test. After the data obtained from the result of the questionnaire pre test and post-test, then further analysis can be done with the sign test, it is known ρ = 0,031 is smaller than α of 5% = 0,05. Can be defined after being given self-management strategies, the student have increased in the discipline of learning. From the data analysis result, it can be seen that were differences in scores between before and after giving treatment that applying self-management strategy to students with physical impairment cerebal palcy increasing  learning discipline. Therefore, it can be concluded that the application of self-management strategy can be used to increase that diciplinary learning students with physical impairment at fourth grade in SDLB-D YPAC Surabaya.

 

 

Key word : Self-management, learning disciplinary of student

Published
2013-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 263