PENGARUH SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP KEMANTAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA

  • RETNO JULI WIDYASTUTI

Abstract

Pengambilan keputusan karir merupakan suatu tahapan penting bagi siswa SMA, yaitu suatu pengambilan keputusan karier yang realitasnya diwujudkan melalui pemilihan jurusan. Tentu saja untuk melakukan pemilihan secara optimal, banyak aspek yang ikut terkait atau mempengaruhinya, baik itu faktor internal ataupun eksternal. Dalam pengambilan keputusan karir juga harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa itu sendiri. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemantapan pengambilan keputusan karir siswa dalam faktor individu yaitu self efficacy dan dari faktor lingkungan di antaranya adalah dukungan sosial keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh self efficacy terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir, mengetahui besarnya pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir, dan mengetahui hubungan simultan antara faktor self efficacy dan dukungan sosial keluarga dengan kemantapan pengambilan keputusan karir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16,00 for windows. Alat pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa yang diambil secara proporsional random sampling.

Dari hasil penelitian menerangkan bahwa adanya hubungan simultan antara faktor self efficacy dan dukungan sosial keluarga dengan kemantapan pengambilan keputusan karir karena P value = 0,000 berarti P value < 0,05. Untuk hasil uji regresi linier sederhana pengaruh self efficacy terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir berdasarkan R squared diperoleh 0,308 yang berarti self efficacy berpengaruh terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir dengan kontribusi sebesar 30,8%. Sedangkan pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir berdasarkan R squared diperoleh 0,116 yang artinya dukungan sosial keluarga memiliki pengaruh terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir dengan kontribusi sebesar 11,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa self efficacy memiliki kontribusi lebih besar terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir dibanding dukungan sosial keluarga.

Published
2013-07-26
Section
Articles
Abstract Views: 2379
PDF Downloads: 2845