TEKNIK SELF-CONTROL DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU CYBERLOAFING PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 MADIUN

  • GIGIH AJIDHITO MANUSAKERTI
  • BUDI PURWOKO

Abstract

Perilaku cyberloafing pada peserta didik adalah perilaku yang dilakukan oleh peserta didik dengan menggunakan akses internet yang sudah disediakan sekolah untuk keperluan pribadi yang sama sekali tidak berkaitan dengan tanggung jawab mereka sebagai peserta didik dengan menggunakan perangkat teknologi yang dimiliki saat jam pembelajaran di dalam kelas. Salah satu faktor timbulnya perilaku cyberloafing pada kalangan peserta didik adalah rendahnya tingkat self-control pada diri masing-masing peserta didik.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji teknik Self-control dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku cyberloafing pada peserta didik di SMA Negeri 5 Madiun. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one –group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 peserta didik kelas XI IPA 4 yang mempunyai tingkat cyberloafing yang tergolong tinggi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah statisti parametric dengan Uji T Sampel Berpasangan. Hasil analasis data pre-test dan post-test, dengan Uji T Sampel Berpasangan dapat diketahui dari hasil nilai signifikansi (2-tailed) yaitu sebesar 0,015 pada tabel. Dengan besaran nilai signifikansi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa, nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa ada perbedaan tingkat perilaku cyberloafing subyek, antara sebelum dan setelah diberikannya perlakuan konseling kelompok dengan teknik self-control. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik self-control dalam konseling kelompok mampu untuk mengurangi perilaku cyberloafing pada peserta didik kelas XI IPA 4, SMA Negeri 5 Madiun. Kata Kunci: teknik self-control, konseling kelompok, perilaku cyberloafin
Published
2020-05-29
Section
Articles
Abstract Views: 260
PDF Downloads: 367