PENERAPAN KONSELING RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENGURANGI TINGKAT FANATISME TERHADAP IDOLA PADA SISWA SMPN 6 TUBAN

  • AFTUKUL FENDIK KHULAFAUROSYIDI

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya siswa kelas VIII C SMPN 6 Tuban yang memiliki fanatisme terhadap idola yang tinggi. Bentuk fanatisme terhadap idola yang dimiliki oleh siswa SMPN 6 Tuban adalah merasa sakit hati apabila idola mereka dihina, disamping itu bentuk dari fanatisme terhadap idola siswa dengan meniru penampilan dari idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling rasional emotif perilaku untuk menurunkan tingkat fanatisme terhadap idola siswa kelas VIII C SMPN 6 Tuban. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa one grouppre-test dan post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat fanatisme terhadap idola siswa kelas VIII C SMPN 6 Tuban. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa kelas VIII C SMPN 6 Tuban yaitu S1, S2, S3, S3, S4, S5, S6, S7 dan S8. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametrik dengan analisis uji jenjang Wilcoxon. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung =0 dan Ttabel =4, jadi Thitung<Ttabel. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesudah konseling rasional emotif perilaku diberikan untuk mengurangi tingkat fanatisme terhadap idola pada siswa SMPN 6 Tuban” dapat diterima.

 

Kata kunci: Konseling rasional emotif perilaku, fanatisme terhadap idola

Published
2013-08-15
Section
Articles
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 240