PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK JURUSAN RPL

  • Fiky Fanesteo Zakaria Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengetahui apakah ada pengaruh positif dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL. Dengan adanya penelitian mengenai pengaruh dari pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL diharapkan akan mampu memberikan solusi pemecahan masalah dari penurunan prestasi belajar matematika siswa akibat jenis pola asuh dan pergaulan yang kurang tepat pada siswa, yang dapat mengarah pada permasalahan belajar pada siswa. Permasalahan belajar pada siswa perlu segera diatasi, karena jika dibiarkan hal tersebut akan mampu menyebabkan penurunan prestasi belajarnya di sekolah, dan khususnya pada mata pelajaran matematika yang penting untuk dapat dipahami oleh siswa khususnya pada siswa SMK jurusan RPL karena berkaitan dengan mata pelajaran produktifnya. Populasi dan sampel yang diambil berasal dari siswa SMK Semen Gresik jurusan RPL karena diduga mampu mewakili sampel pada penelitian yang akan dilakukan. Pengambilan data menggunakan teknik homogeneous purposive sampling karena pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 1(satu) jenis kelompok sampel saja. Hasil data yang diperoleh dikumpulkan dan ditabulasikan untuk dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda dengan menggunakan media software SPSS. Dari hasil uji analisis regresi linier berganda yang dilakukan, diperoleh bahwa: tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 0,08%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 7,45%. Tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pola asuh demokratis dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK jurusan RPL dengan persentase sebesar 7,5%.

Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis; Pergaulan Teman Sebaya; Prestasi Belajar Matematika

Published
2023-12-25
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 36