STUDI TENTANG OPTIMISME DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA DI SMP PLUS FITYANI MALANG

  • Sakinah Musfiroh Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya
  • Denok Setiawati Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat, aspek-aspek dan peran guru Bimbingan Konseling (BK) pada optimisme dalam perencanaan karir siswa SMP Plus Fityani Malang. Perencanaan karir adalah merupakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang yang bertujuan untuk memajukan progres tujuan karirnya sehingga dapat lebih terarah dan efisien dalam mencapai tujuan karirnya. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas 8 yang menjalani program boarding school. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Angket digunakan untuk memperoleh data sebagai penentu subjek penelitian, dan teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur untuk memperoleh informasi mengenai aspek yang membentuk dan mempengaruhi optimisme dalam perencanaan karir siswa. Analisis data penelitian bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat optimisme dalam perencanaan karir siswa SMP Plus Fityani Malang rendah, sedang dan tinggi. Aspek optimisme yang dimiliki oleh kelima subjek berbeda-beda, Peran konselor sangat penting dalam membantu proses perencanaan  karir dengan cara memberikan layanan bimbingan dan konseling karir sehingga tingkat optimisme siswa dapat optimal.

Kata Kunci: optimisme, perencanaan karir, studi kasus

Published
2024-06-10
Section
Articles
Abstract Views: 2
PDF Downloads: 1