PENERAPAN KONSELING KELOMPOK KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENURUNKAN KECENDERUNGAN MENARIK DIRI (WITHDRAWL) PADA SISWA KELAS X MIA 4 SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN

  • FAIZATUL AMILIN

Abstract

Kecenderungan menarik diri merupakan gejala penyimpangan sosial yang tidak asertif lagi bagi remaja dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kecenderungan menarik diri ditandai dengan perilaku anak yang melarikan diri dari kelompok, penyendiri, suka mengasingkan diri, pendiam dan cenderung introvert. Berdasarkan penelitian terdahulu perilaku menarik diri terjadi dibeberapa instansi baik sekolah menengah pertama maupun menengah atas. Fenomena menarik diri ini bukan merupakan sebuah perilaku yang diturunkan atau dibawa sejak lahir melainkan perilaku yang dihasilkan oleh pengintegrasian antara pola pikir dan perilaku. Perilaku ini merugikan individu dalam hal perkembangan pribadi, sosial, dan moral karena individu tidak bisa secara optimal dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Hal ini dapat diatasi dengan cara mengubah pola berpikir yang positif agar terbentuk perilaku yang adaptif, yaitu dengan menggunakan konseling kelompok kognitif perilaku berupa strategi cognitive restructuring dan self monitoring.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok kognitif perilaku dalam menurunkan kecenderungan menarik diri pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Mantup Lamongan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experimental design berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor menarik diri siswa. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa kelas X MIA 4 yang memiliki kecenderungan menarik diri tinggi dibandingkan yang lain. Hasil analisis penelitian ini menggunakan uji tanda. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N = 6 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,016. Bila menggunakan taraf kesalahan 5% dan dibandingkan dengan Ttabel  maka ρ < α. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil mean pre-test 89,93 dan mean post-test 60,50. Sehingga dapat dikatakan penerapan konseling kelompok kognitif perilaku dapat menurunkan kecenderungan menarik diri pada siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Mantup Lamongan.

 

Kata Kunci: Konseling Kelompok Kognitif Perilaku, Kecenderungan Menarik Diri

Published
2014-07-07
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 102