PENERAPAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENGURANGI PERASAAN RENDAH DIRI SISWA  KELAS VII-H SMP NEGERI 1 JOGOROGO NGAWI

  • IDA AGUSTINA

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara di dapatkan fakta mengenai tingginya tingkat rendah diri siswa di SMP Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Hal ini di tunjukkan dengan adanya kasus siswa yang sering menyendiri, jarang berkomunikasi dengan teman dan kurang bisa membaur dengan teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan strategi reframing untuk mengurangi rendah diri siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Jogorogo Ngawi. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental berupa one group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh subjek 6 siswa dari 30 siswa kelas VII-H SMP Negeri 1 Jogorogo Ngawi yang memiliki skor rendah diri kategori tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda. Setelah diadakan analisis dengan menggunakan uji tanda, dapat diketahui bahwa ρ = 0,016 lebih kecil dari ɑ sebesar 5% = 0,05. Artinya setelah penerapan strategi reframing siswa mengalami penurunan skor rendah diri menjadi kategori sedang dan rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa konseling strategi reframing dapat mengurangi rendah diri siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada penurunan skor rendah diri siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan konseling strategi reframing.

 

Kata kunci : Strategi Reframing, Rendah Diri.

Published
2014-08-14
Abstract Views: 475
PDF Downloads: 727