PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII-A MTs NEGERI TULUNGAGUNG

  • LUCYANA M.D

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini terdapat 25% siswa kelas VII-A yang memiliki masalah dalam interaksi sosial. Interaksi sosial siswa hanya berteman dengan teman tertentu saja, siswa yang tidak saling menyapa saat bertemu atau berpapasan, siswa yang tidak dapat menerima adanya perbedaan pendapat ketika diskusi kelompok, siswa yang sulit bekerja sama saat mengerjakan tugas kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan modifikasi permainan tradisional engklek dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-A MTs Negeri Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-A MTs Negeri Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII-A MTs Negeri Tulungagung yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji tanda. Hasil analisis uji tanda menunjukkan bahwa N=10 dan x=0 dengan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05, maka diperoleh harga ρ=0,001, harga tersebut lebih kecil dari α=0,05. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Penerapan modifikasi permainan tradisional engklek dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa kelas VII-A MTs Negeri Tulungagung” dapat diterima.

 

Kata Kunci: Modifikasi, Permainan Tradisional Engklek, Bimbingan Kelompok,   Kemampuan Interaksi Sosial

Published
2014-08-18
Abstract Views: 94
PDF Downloads: 140