PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 20 SURABAYA

  • WILUJENG DWI WAHYUNI

Abstract

 

Prokrastinasi akademik merupakan suatu tindakan penghindaran atau menunda memulai atau menyelesaikan suatu tugas akademik yang mempunyai batas waktu. Keterlambatan siswa dalam mengumpulkan tugas telah banyak terjadi khususnya pada kelas VIII C di SMP Negeri 20 Surabaya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari konselor dan guru mata pelajaran, kelas VIII C rentan melakukan keterlambatan dalam mengumpulkan tugas atau yang disebut dengan perilaku prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah menguji keberhasilan penggunaan konseling kelompok realita untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII C di SMP Negeri 20 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperiment design dengan jenis pre-test post-test one group design. Sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Surabaya, yang terindikasi memiliki kecenderungan perilaku prokrastinasi tinggi berdasarkan hasil pre-test. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji tanda. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan skor perilaku prokrastinasi akademik antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa konseling kelompok realita, yang menunjukkan arah perubahan positif dengan melihat tes binomial ketentuan N=7 yang diperoleh nilai p= 0,008. Hal ini menunjukkan p= 0,008 lebih kecil dari α=0,05. Dengan demikian H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara skor perilaku prokrastinasi akademik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Selanjutnya berdasarkan penurunan skor rata-rata dari pre test = 128,43 ke post test = 90,57 maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok realita dapat mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Surabaya.

 

Published
2014-08-20
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 314