PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-TGB  ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN

  • ISNAN SHOLEH HIDAYAT

Abstract

Perbedaan hasil belajar dapat juga dipengaruhi oleh model pembelajaran. Guru dalam menerapkan model pembelajaran harus mengerti mana model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Guru juga harus punya alternatif pilihan model pembelajaran karena tidak ada model pembelajaran yang baku paling baik diantara yang lain. Semua model pembelajaran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing termasuk model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievent devision.

Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari tiga kelas diambil dua kelas, sehingga sampel yang terpilih yaitu kelas X TGB 1 dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X TGB 2 dengan 37 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan hasi belajar menggunakan komparatif. Data yang digunakan berupa skor kelayakan perangkat dan skor tes konstruksi bangunan.

Analisis hasil belajar didapat nilai mean kelas kontrol 77,57 dan kelas eksperimen 86,67 . Standart deviasi  kelas kontrol 3,28 dan kelas eksperimen 3,94 . Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t didapatkan nilai t hitung   2,51, untuk t tabel  1,68 pada taraf signifikansi 0,05, menunjukan t hitung > t tabel. Sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada mata pelajaran konstruksi bangunan siswa kelas X TGB di SMK Negeri 3 Surabaya.

Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievent devision

The differences of study’s results can be influenced by learning model. In applying of learning model teacher must be understand what the most appropnote learning model with the model lesson that is laught. Teacher also must have another choices of learning model because there is no one of the best standard learning model than others. All learning models have advantages and disadvantages, including cooperative learning model of Student Teams Achievent Devision.

Samples are taken randomly from three classes, and it is taken only from two classes, therefore the sample that is used is X TGB 1 with 36 students as an experiment class and X TGB 2 with 37 students as a control class. The instrument that is used to collect the data are questionnaire and test. The analysis that is used to find out the differences of study’s result is comparative. The data is using the value of the feasibility of the device and the volue of the building construction’ test.

The result of study analyzed by control class mean value 77,57 and experiment class 86,67. Deviation standart of control class 3,28 and experiment class 3,94. Based on analysis result by using t-test, t-arithmetic 2,51 for t-table 1,68 and significant 0,05 shows that t-arithmetic > t-table. It means Ho rejected maenwhile Ha accepted therefore. it can be concluded that there ore significant differences in student’s study result’s between control class and experiment class in building construction study in X TGB 3 State Vocational High School Surabaya.

Keywords: Cooperative Learning Model Type Student Teams Achievent Devision.

Published
2015-01-09
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 137