Analisis tingkat Berpikir Kreatif Siswa kelas X TGB-1 pada Materi Pengukuran Luas Peta Situasi Melalui Pemecahan Masalah tipe Multiple Solution Task di SMK Negeri 1 Nganjuk

  • MUHAMMAD KRIS YUAN H

Abstract

Teknik gambar bangunan (TGB) merupakan salah satu jurusan dimana siswa dididik untuk berkompeten dan bertujuan menyiapkan tamatan untuk menjadi tenaga kerja dalam lingkup keahlian Gambar Bangunan yang mampu bekerja mandiri, profesional, dan mengembangkan diri dalam bidang keahliannya. Kemampuan berpikir kreatif secara eksplisit dimuat menjadi salah satu prinsip pengembangan kurikulum siswa SMK oleh Departemen Pendidikan Nasional. Selain itu, Kreativitas menjadi prasyarat yang menentukan bagi individu dalam meningkatkan kualitas hidup. Kreativitas seseorang juga sangat diperlukan dalam dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa dan tingkat berpikir kreatif siswa dalam menghitung hasil pengukuran luas peta situasi melalui pemecahan masalah multiple solution task. Manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai gambaran bagaimana peran guru sebagai motivator dan fasilitator dalam memberikan bimbingan kepada siswa dalam rangka meningkatkan kreativitas belajar siswa serta untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa suatu kelas, sehingga guru dapat merancang metode maupun teknik pembelajaran yang sesuai dan tepat.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-1 SMK Negeri 1 Nganjuk. Instrumen yang digunakan yaitu sebuah tes tertulis dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang diperlukan pada penelitian ini diperoleh melalui hasil tes tertulis dan transkrip wawancara. Teknik analisis data responden dilakukan dengan menyusun expert solution space, menganalisis individual solution space, dan menganalisis tingkat berpikir kreatif dengan mengidentifikasi hasil tes dan menganalisis hasil wawancara.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Komponen berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa kelas X TGB-1 SMK Negeri 1 Nganjuk dalam menghitung hasil pengukuran luas peta situasi melalui pemecahan masalah tipe multiple solution task adalah terdapat 5 siswa (15,15%) mampu menunjukkan kefasihan, 23 siswa (69,70%) mampu menunjukkan fleksibilitas dan 2 siswa (6,06%) siswa mampu menunjukkan kebaruan. Tingkat Berpikir Kreatif (TBK) siswa kelas X TGB-1 dapat dikelompokkan dalam TBK 0 (tidak kreatif) sebanyak 10 siswa (30,30%), TBK 1 (kurang kreatif) sebanyak 0 siswa (0,00%), TBK 2 (cukup kreatif) sebanyak 17 siswa (51,52%), TBK 3 (kreatif) sebanyak 4 siswa (12,12%), dan TBK 4 (sangat kreatif) sebanyak 2 siswa (6,06%).       

Kata kunci : Tingkat Berpikir Kreatif, Luas Peta Situasi, Multiple Solution Task.

Engineering drawing building (TGB) is one of the majors where students are educated to competence and purpose to prepare graduates become labor within the scope of expertise image building capable of working independent, professional, and develop themselves in their skill. Creative thingking abilities explitly one of principles of curriculum development of SMK students by department of national education. More over, creativity become requrement for individuals to improve the quality of life. Creativity also necessery in the workplace. This purpose research is to determine the student’s creative level components thinking and student’s creative thinking level in the measurement results of wide map situation through multiple solution task problem solving. The benefit of this research is a description of role the teacher as a motivator and facilitator in providing guidance students to develop creativity of student, also determine the student’s creative thinking level in a class, so teacher can design methods and techniques of learning.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan data kuantitatif. This research is a descriptive research using quantitative data. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-1 SMK Negeri 1 Nganjuk. The subject of this research are students X TGB-1 class in SMK Negeri 1 Nganjuk. Instrumen yang digunakan yaitu sebuah tes tertulis dan pedoman wawancara. The instrument use a written test and interview guides. The colleting data method for this research used via result of written test and interview transcrips. Respondent data analyis technique to compose expert solution space, analysis of individual solution space, and analisys of creative thingking level with identification written test and analysis interview result.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Komponen berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa kelas X TGB-1 SMK Negeri 1 Nganjuk dalam menghitung hasil pengukuran luas peta situasi melalui pemecahan permasalahan tipe multiple solution task adalah terdapat 5 siswa (15,15%) mampu menunjukkan kefasihan, 23 siswa (69,70%) mampu menunjukkan fleksibilitas dan 2 siswa (6,06%) siswa mampu menunjukkan kebaruan. The results of research showing that a components from creative thinking students X TGB-1 class in SMK Negeri 1 Nganjuk through multiple types of problem-solving task solution is there are 5 students (15.15%) show fluency, 23 students (69.70%) show the flexibility and 2 students (6.06%) students show the novelty. Tingkat berpikir kreatif (TBK) siswa kelas X TGB-1 dalam menghitung hasil pengukuran luas peta situasi melalui pemecahan permasalahan tipe multiple solution task berdasarkan komponen berpikir kreatif dapat dikelompokkan dalam TBK 0 (tidak kreatif) sebanyak 10 siswa (30,30%), TBK 1 (kurangkreatif) sebanyak 0 siswa (0,00%), TBK 2 (cukup kreatif) sebanyak 17 siswa (51,52%), TBK 3 (kreatif) sebanyak 4 siswa (12,12%), dan TBK 4 (sangat kreatif) sebanyak 2 siswa (6,06%). Level of creative thinking (TBK) in the measurement results map area situation through multiple solution task problem solving type based creative thinking component grouped in TBK 0 (not creative) 10 students (30.30%), TBK 1 (less creative) 0 students (0.00%), TBK 2 (quite creative) 17 students (51.52%), TBK 3 (creative) 4 students (12.12%), and TBK 4 (very creative) 2 students (6.06%).

Keyword : Creative Thingking Level, Map Area Situation, Multiple Solution Task

Published
2015-02-25
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 28