PENGARUH ANTARA PENGETAHUAN SISWA MENGGUNAKAN TES OBJEK TERHADAP PRAKTIKUM FINISHING KAYU DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK KONSTRUKSI KAYU DI SMKN 1 KEDIRI

  • ONI WIDIANTORO

Abstract

Guru adalah pihak yang bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar di sekolah. Guru menggunakan tes untuk mengevaluasi para siswa dalam belajar. Evaluasi dalam proses belajar mengajar terdiri dari tiga aspek yaitu tes, pengukuran dan penilaian. Alasan memilih penelitian di SKMN 1 Kediri karena siswa kurang aktif dalam evaluasi tes yang kurang inovatif. Untuk lebih inovatif tes dalam penelitian ini  menggunakan tes objek (kognitif) terhadap alat, bahan dan benda uji langsung untuk nilai tes kognitif. Nilai tes psikomotorik menggunakan hasil praktikum finishing kayu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan data berbentuk angka. Penelitian ini bersifat asosiatif dengan hubungan kausal,  karena bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dalam bentuk pengaruh antara pengetahuan siswa dengan menggunakan tes objek pengamatan alat, bahan dan benda uji langsung bahan politur (variabel independen) dan praktikum finishing kayu di SMK (variabel dependen). Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan mengetahui hubungan antara dua/lebih variabel. Waktu dan tempat penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015 di SMKN 1 Kediri, kelas XII TKK dengan jumlah 31 siswa.

Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa Silabus layak  untuk digunakan dengan kategori baik, RPP dikategorikan layak untuk digunakan dengan kategori baik.  Hasil analisis uji regresi linier sederhana dengan variabel X1 dan Y1 adalah Tes Objek pemahaman alat dan bahan persiapan finishing politur kayu mempunyai pengaruh terhadap hasil persiapan praktikum finishing kayu sebesar 0,065. Hasil analisis uji regresi linier berganda dengan variabel X1, X2 dan Y2 adalah Tes Objek pemahaman alat, bahan dan benda uji langsung finishing politur kayu yang pertama mempunyai pengaruh terhadap hasil praktikum finishing kayu sebesar 0,125 sedangkan Tes Objek pemahaman alat, bahan dan benda uji langsung finishing politur kayu yang kedua tidak mempunyai pengaruh/berlawanan terhadap hasil praktikum finishing kayu sebesar -0,051. Kesimpulannya terdapat hasil prosentase sumbangan pengaruh variabel independen tes objek pertama terhadap variabel dependen hasil persiapan praktikum  sebesar 21,6% sedangkan prosentase sumbangan pengaruh variabel independen tes objek pertama dan kedua secara bersama-sama terhadap variabel dependen hasil praktikum finishing kayu  sebesar 48%.

Kata Kunci:Tes Objek, Kuantitatif, Finishing Kayu.

The teacher is the responsible for the teaching and learning process in schools. Teachers use tests to evaluate students in learning. Evaluation in the teaching and learning process consists of three aspects of the test, measurement and assessment. Reasons for choosing research in SKMN Kediri 1 because students are less active in the evaluation of the test is less innovative. For more innovative tests in this study using the test object (cognitive) of tools, materials and objects directly to test the cognitive test scores. The value of the test results using the psychomotor practical wood finishing.

The research is quantitative research data with the approach shaped figure. This research is associative with a causal relation, as it aims at define the connection cause and effect in the form of the influence of students between knowledge by using a test object observation instrument, the materials and objects directly material the camphor (the independent variable) and lab work finishing wood in SMK (of variable dependent). Associative research is that research aims to know the relationship between two / more variables. Time and place the study is done in the gasal the academic year 2014 / 2015 in SMKN 1 Kediri, of class XII TKK 31 with the number of students.

The results of validation a device learning shows that a syllabus worthy for use with the category of good, lesson plans are categorized worthy for use with the category of good. The analysis of linear regression simple test with a variable X1 and Y1 understanding is the test objects tools and materials finishing preparation camphor wood have leverage of the results of lab work wood 0.065 finishing preparation. The analysis the linear regression with a variable X1 double , X2 and Y2 object understanding instrument is the test, the materials and objects directly finishing the camphor wood have leverage of the results of the first lab work of finishing wood 0,125 while a test objects understanding instrument, the materials and objects the camphor wood directly finishing the second not have leverage / opposite of the results of lab work of finishing -0,051 wood. The conclusion there are the results of prosentase contributions the influence of the independent variable test the first object to the dependent variable the results of lab work of preparation 21,6 % prosentase contributions while the influence of the independent variable test objects first and second in together to the dependent variable the results of lab work of finishing wood as much as 48 %.

Keywords : Test Object , Quantitative , Finishing Wood

Published
2015-03-23
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 33