MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENYETELAN ALAT SIPAT RUANG (THEODHOLITE) SISWA KELAS XI TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN SMK NEGERI 3 JOMBANG MELALUI MEDIA VIDEO TUTORIAL

  • YAFI YAN RAMDHANY

Abstract

Siswa kelas XI TSP diberikan mata pelajaran dasar pengukuran yaitu pengenalan alat optis yang dikhususkan pada alat ukur Theodholite. Pada pembelajaran produktif tentang materi penyetelan alat sipat ruang (theodholite), bagi siswa (SMK) jurusan teknik survey dan pemetaan masih memerlukan penjelasan yang lebih detail untuk memberikan pemahaman yang mudah bagi siswa, karena proses penyampaian materi penyetelan alat sipat ruang (theodholite) masih menggunakan metode ceramah dan alat peraga. Penggunaan metode ceramah dan alat peraga yang tidak dapat dilihat oleh semua siswa, jadi banyak siswa yang masih kurang jelas untuk memahami materi. Penggunaan media yang tepat akan sangat membantu untuk menjelaskan materi, baik secara simulasi maupun penyampaian latihan soal secara lebih menarik dan menyenagkan.Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan media video tutorial dan perangkat pembelajaran tentang penyetelan alat sipat ruang (theodholite). Mengetahui hasil keterampilan siswa dalam penyetelan alat sipat ruang (theodholite) siswa kelas XI SMKN 3 Jombang melalui media video tutorial. Manfaat penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan media video tutorial tentang penyetelan alat sipat ruang (theodholite). Siswa dapat melakukan penyetelan alat theodholite dengan cepat, tepat dan benar. Video tutorial dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada saat proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimental bentuk One-Shot Case Study. Pengambilan data dilaksanakan pada waktu semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian siswa kelas XI SMK Negeri 3 Jombang Jurusan Teknik Survei dan Pemetaan dengan jumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu: (1) lembar validasi perangkat pembelajaran dan media (2) tes praktik. Nilai kelayakan produk minimal “C” kriteria cukup. Dengan demikian, hasil penilaian ahli media dan ahli materi jika memberi hasil akhir “C” atau cukup, maka produk pengembangan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Hasil penelitian bahwa Media video tutorial tentang penyetelan alat sipat ruang (Theodholite) dinyatakan layak untuk digunakan dengan prosentase sebesar 89% nilai A dengan keterangan sangat baik. Perangkat pembelajaran tentang penyetelan alat sipat ruang (Theodholite) dinyatakan layak untuk digunakan dengan prosentase sebesar 83,5% dengan nilai A kategori sangat baik. Hasil analisis data t hitung lebih besar daripada t tabel atau jatuh pada penerimaan Ha.(9,141>1,697). Dapat disimpulakan bahwa keterampilan Penyetelan Alat Sipat Ruang Theodholite Siswa Kelas XI Teknik Survey dan Pemetaan  setelah penggunaan media video tutorial lebih besar dari KKM 75.

Kata Kunci: Theodholite, Video Tutorial, Keterampilan,

Class XI TSP measurements given basic subjects namely the introduction of optical instruments devoted to the measuring instrument Theodholite. In the productive learning about setting material carpenter tool space (theodholite), for students (SMK) engineering survey and mapping still require a more detailed explanation to provide an easy understanding for the students, because the process of delivery of material adjustment carpenter tool space (theodholite) still use lecturing and props. Use the lecture method and props that can not be seen by all the students, so many students are still not clear to understand the material. The use of appropriate media will greatly help to explain the matter, both in simulation and delivery of exercises in a more interesting and exciting. Purpose study was to determine the feasibility of the medium of video tutorials and learning about space plumb adjustment tool (theodholite). Knowing the results of students' skills in space plumb adjustment tool (theodholite) class XI student of SMK 3 Jombang through the medium of video tutorials. The benefits of this research was to determine the feasibility of video media tutorial on setting tool plumb space (theodholite). Students can do the adjustment tool theodholite fast, precise and correct. Video tutorial can be used as a medium of learning during the process of Teaching and Learning Activities (KBM).

This research used a study of pre-experimental form of One-Shot Case Study. Retrieval of data held at the time of first semester of the school year 2014/2015. The research sample class XI student of SMK Negeri 3 Jombang Department of Surveying and Mapping the number of 35 students. Instruments of this research are: (1) sheet validation of learning tools and media (2) practice tests. Value product feasibility minimum "C" criteria enough. Thus, the results of media experts and expert assessment if the material gives the final result "C" or simply, the development of products fit for use as a medium of learning.

The results of the research that Media video tutorial on setting tool plumb space (Theodholite) declared eligible to be used with a percentage of 89% the value of A with a very good description. Learning about setting device carpenter tool space (Theodholite) declared eligible to be used with a percentage of 83.5% with an A category very well. The results of data analysis t is greater than t table or fall on acceptance Ha. (9.141> 1.697). Can disimpulakan that skill Adjustment Tool Sipat Theodholite Space Grade XI Engineering Survey and Mapping after media usage tutorial videos larger than the KKM 75.

Keywords: Theodholite, Video Tutorials, Skills 

Published
2015-03-23
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 72