PEMANFAATAN GAMBAR GAYA LINTANG DALAM PERHITUNGAN MOMEN STATIS TERTENTU

  • Bambang Sabariman
  • Hasan Dani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dan memeragakan pemanfaatan gaya lintang dalam perhitungan momen statis tertentu, sebagai upaya pencapaian indikator kompetensi dalam mekanika teknik, sehingga mahasiswa mampu menghitung, menggambar, dan mengoreksi analisis statika berupa M, N, D. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan metode analisis dokumen hasil tes. Analisis dokumen dilakukan terhadap perangkat pembelajaran berupa pemanfaatan gambar bidang D dalam upaya mempermudah perhitungan momen balok statis tertentu. Pengamatan dilakukan saat kuliah mekanika teknik berlangsung pada Semester III 2012/2013 Kelas S1-TS-2011-C. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan nilai rata-rata dan presentase, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a). Sebagian besar mahasiswa (sejumlah 83,33%) menyatakan bahwa dengan memanfaatkan bidang D, perhitungan momen menjadi lebih mudah dan tepat (besar momen, arah dan gambar bidang M). (b). Sebelum memanfaatkan bidang D mahasiswa yang mampu menghitung momen baru mencapai sejumlah 51,43% mahasiswa, setelah memanfaatkan bidang D mahasiswa yang mampu menghitung momen dengan benar sejumlah 95,15% mahasiswa atau terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mampu menghitung momen dengan benar sebesar 43,72%. (c). Sebelum memanfaatkan bidang D mahasiswa yang mampu menghitung momen baru mencapai sejumlah 51,43% mahasiswa, setelah memanfaatkan bidang D terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mampu menghitung momen dengan benar yakni 43,72%, sehingga secara keseluruhan jumlah mahasiswa yang mampu menghitung momen dengan benar sejumlah 95,15.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, mekanika teknik, bid D, bid. M.

The aims of this study are to develop a learning tool and to demonstrate the use of latitude in static moment calculation, as an indicator of the competence achievement in engineering mechanics, so that students are able to calculate, to draw, and to correct statics analysis in the form of M, N, D. Document analysis was conducted on the use of D plane picture images in an effort to simplify the calculation of a certain static beam moment. Observations were performed in engineering mechanics lectures in Semester III 2012/2013 on class S1-TS-2011-C. Data processing was carried out quantitatively by using the average and percentage, while data analysis was analyzed by qualitative method. The results showed that: (a) Most students (83.33%) stated the moment calculations were become easier and more precise by using the plane D (moment value, direction and plane M image). (b) Before utilizing the plane D, the number of students which were able to calculate the moment value was only 51.43%, however the use of plane D has increased to 95.15% students, which showed an increase of 43.72%.

Keywords: learning tools, engineering mechanics, plane D, plane M.

Published
2015-03-24
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 259