PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS DRILLS UNTUK MATA DIKLAT MENGGAMBAR CAD PADA KELAS XI TGB 1 SMK NEGERI 1 MADIUN

  • RIZKY Afif AFIF AZHARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar agar memperoleh nilai yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kemampuan guru mengajar dan kemampuan siswa belajar.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan M.C Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pengajaran 2011/2012. Data-data pada penelitian ini adalah kemampuan guru mengajar, kemampuan siswa belajar, hasil belajar kognitif, hasil belajar psikomotor, perilaku berkarakter dan keterampilan sosial. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TGB 1 SMK Negeri 1 Madiun sebanyak 26 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru mengajar naik dari 1,94 (kurang baik) pada siklus 1 menjadi 2,96 (baik) pada siklus 2, sedangkan kemampuan siswa naik dari 1,83 (kurang baik) pada siklus 1 menjadi 2,95 (baik) pada siklus 2. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 57,89% pada siklus 1 menjadi 80,77% pada siklus 2, Hasil belajar psikomotor siswa meningkat dari 69,23% pada siklus 1 menjadi 84,62% pada siklus 2. Sedangkan perilaku berkarakter naik dari 1,69 (menunjukkan kemajuan) pada siklus 1 menjadi 2,66 (memuaskan) pada siklus 2 dan keterampilan sosial naik dari 1,65 (menunjukkan kemajuan) pada siklus 1 menjadi 2,68 (memuaskan) pada siklus 2.

Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, kooperatif berbasis drills.

 

Abstract

The purpose of this research is to improve learning outcomes in order to obtain a better value than ever. In addition, this study aims to improve student learning outcomes, the ability of teachers to teach and students' ability to learn.

This study uses classroom action research (CAR) conducted by 2 cycles, each cycle consisting of three meetings. Action research refers to the model of Kemmis and Taggart MC consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. The experiment was conducted in odd semester teaching 2011/2012. The data in this study is the ability of teachers to teach, students learn skills, cognitive learning outcomes, learning outcomes psychomotor, behavioral character and social skills. The subjects of this study were students of class XI TGB 1 SMK Negeri 1 Madiun as many as 26 students.

The results showed that the ability of teachers to teach up from 1.94 (less good) at cycle 1 to 2.96 (good) in cycle 2, while the ability of students rose from 1.83 (less good) at cycle 1 to 2.95 (both) in cycle 2. Cognitive learning outcomes of students increased from 57.89% in Cycle 1 to 80.77% in cycle 2, psychomotor learning outcomes of students increased from 69.23% in Cycle 1 to 84.62% in cycle 2. While the behavior of character rose from 1.69 (indicating progress) at cycle 1 to 2.66 (satisfactory) in cycle 2 and social skills increased from 1.65 (show progress) at cycle 1 to 2.68 (satisfactory) in cycle 2.

Keywords: improved learning outcomes, cooperative-based drills

Abstract Views: 52
PDF Downloads: 25