PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • SITI AISYAH ULUM M

Abstract

Di SMK Negeri 3 Surabaya, jobsheet pelajaran praktik menggambar berupa lembar soal tanpa uraian materi praktik yang lengkap. Proses pembelajaran menggunakan metode konvensional, mengakibatkan pembelajaran bersifat teacher center dan siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Diperlukan pengembangan media jobsheet dengan uraian praktik lengkap untuk mengurangi penjelasan yang berulang-ulang, melatih siswa belajar mandiri, kreatif dan bertanggungjawab sehingga proses pembelajaran menjadi student center.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media jobsheet, mengetahui hasil belajar siswa setelah diajar dengan media jobsheet, dan mengetahui respon siswa siswa setelah diajar dengan media pembelajaran jobsheet pada kompetensi dasar Menggambar dengan Perangkat Lunak.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dari Sugiyono dengan rancangan penelitian menggunakan single one shot case study. Subyek penelitian adalah kelas XI TGB 2 SMK Negeri 3 Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data dengan mnggunakan lembar validasi, tes, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kelayakan media pembelajaran jobsheet, analisis hasil belajar siswa, dan analisis respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kelayakan media jobsheet yang dikembangkan dinyatakan Sangat Layak (SL) dengan nilai validasi rata-rata keseluruhan media jobsheet sebesar 88,31%, dan penyumbang skor tertinggi terdapat pada poin kebahasaan sebesar 91,11% sedangkan skor terkecil terdapat pada poin isi materi sebesar 86,66% ; (2)  ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan media jobsheet mencapai 92,00% dan dinyatakan tuntas secara klasikal, sedangkan berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 18.0 menunjukkan bahwa thitung (9.777) > ttabel (2.0639) maka dapat diputuskan H0 ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media jobsheet pada kompetensi dasar Menggambar dengan Perangkat Lunak lebih tinggi dari KKM 2,67; (3) prosentase rata-rata keseluruhan respon siswa menghasilkan penilaian sebesar 81,76% dengan perolehan skor tertinggi terdapat pada pernyataan 5 yaitu sebesar 85,60%, dan skor terendah terdapat pada pernyataan 3 yatu sebesar 77,60%,  sedangkan respon yang diberikan siswa terhadap media jobsheet yang digunakan dikategorikan Sangat Baik (SB).

Kata Kunci : Pengembangan Media Jobsheet, Kelayakan Media Jobsheet, Menggambar dengan Perangkat Lunak.

At SMK Negeri 3 Surabaya, jobsheet of drawing lessons is still a sheet of question paper without a complete description of the material. The learning process still using conventional methods, resulting teacher center learning and students are becoming passive. The development of jobsheet with a completed practice description to reduces repetitive explanation, train students to learning independently, creatively and responsibly so that the learning process into a student center.

The aim of this research was to determine the feasibility of jobsheet, know the learning outcomes of students after being taught with the jobsheet, and to know the response of the students after taught with the jobsheet on basic competencies Drawing with Software.

The method used is the Research and Development (R & D) of Sugiyono with research design using a single one-shot case study. Subjects were class XI TGB 2 SMK Negeri 3 Surabaya of the first school year in 2015-2016. The technical data research collecting used  of sheet validation, test, and questionnaire. The data analysis of this research is analysis feasibility of jobsheet, analysis of student learning outcomes, and analysis of student responses.

The results showed that: (1) feasibility jobsheet developed for subjects Drawing with Software declared Very Decent (VD) and the highest scores contributor contained in the linguistic point of 91,11%, while the smallest scores contributor contained in the material point of 86,66%; (2) completeness of student learning outcomes after using jobsheet reached 92.00% and otherwise completed in the classical, while based on hypothesis testing with SPSS 18.0 indicates that tcount (9777)> t table (2.0639) then it can be decided H0 is rejected and Ha accepted that outcome learning students taught by jobsheet on basic competence Drawing with Software higher than KKM 2.67; (3) the overall average percentage of student responses produce of 81.76% with the highest scores in the 5 statement that’s equal to 85.60%, and the lowest score in the 3 statement that’s equal to 77.60%, while the response given students after taught with the jobsheet categorized Very Good (VG).

Keywords : Jobsheet Development, Jobsheet Feasibility, Drawing with Software.

Published
2016-01-20
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 61