PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA MATAPELAJARAN PRAKTIK FINISHING KAYU KELAS XI TKY DI SMKN 1 SIDOARJO

  • ADHIM ROBBY HADI

Abstract

Pembelajaran K13 menekankan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik serta penilaian yang dilakukan secara otentik. Dari pada itu penilaian tidak hanya menitik beratkan kepada hasil kerja praktik siswa saja melainkan proses pembelajaran harus diperhatikan lebih dalam untuk tercapaianya pembelajaan yang baik. Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui kelayakan pengembanagan instrumen serta mengetahui hasil belajar siswa dari uji coba pengembangan instrumen yang dilaksanakan pada kelas XI TKY SMKN 1 Sidoarjo.

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian berjumlah 33 siswa pada kelas XI TKY SMKN 1 Sidoarjo. Pengambilan data dilakukan dengan cara pemberian tes, penilaian sikap, penilaian unjuk kerja, dan validasi pengembangan instrumen penilaian. Analisis yang dilakukan adalah analisis kepraktisan dengan memberikan makna pada pendeskripsian hasil analisis data.

Hasil dari analisis validasi yang didapatkan menunjukkan kelayakan instrumen penilaian yang dilakukan memperoleh rata-rata sebesar 78,92% dengan rincian validasi instrumen penilaian pada lembar penilaian tes uraian mendapatkan hasil sebesar 78,57% dari jumlah total jawaban validator sebesar 55 dengan 7 soal yang diberikan. Validasi lembar penilaian sikap yang telah dilakukan oleh validator didapatkan hasil analisis sebesar 79,09% dari jumlah total jawaban validator 87 dengan 11soal. Validasi lembar penilaian unjuk kerja sebesar 79,09% dengan jumlah total penilaian validator sebesar 87 dengan 11 soal. Dengan hasil tersebut validasi yang dilakukan mendapatkan interprestasi nilai dengan kriteria Layak. Sedangkan hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya uji coba pengembangan instrumen berupa penilaian tes tulis mendapatkan ketuntasan belajar sebesar 75,76%, penilaian sikap dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 84,85%, dan penilaian unjuk kerja dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 96,97%. Hasil rata-rata yang didapatkan adalah sebesar 93,94%. Dari hasil tersebut kemudian dikalikan dengan kontribusi nilai dari setiap item penilaian sebesar 10%, 15%, dan 75% dan setelah itu dijumalahkan dari dari setiap lembar penilaian. Hasil yang didapatkan yaitu sebesar 96,97%. Dengan kata lain hasil belajar tersebut mendapatkan kriteria Sangat Baik.

Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen penilaian.

K13 Learning approach emphasizes learning by using science as well as the assessment authentic. Instead of that assessment is not only focused on the results of students practical work alone but the learning process must be considered more deeply for the achievement of good learning. The aim of the research conducted was to determine the feasibility of developing an instrument and know the learning outcomes of students from instrument development trials undertaken in class XI TKY SMK 1 Sidoarjo.

The study has been done carried out a research and development with research subjects are 33 students in the class XI TKY SMK 1 Sidoarjo. Data collection was performed by means of test administration, attitude assessment, performance assessment, and validation of the development of assessment instruments. Analysis is conducted analysis of the practicality of giving meaning to the description of the results of the data analysis.

Results of the validation analysis obtained show the feasibility assessment instruments made an average gain of 78.92%, with details on the assessment instrument validation test assessment sheet to get the description of 78,57% of the total number of answers validator by 55 with 7 given problem, Validation sheet, the assessment has been done by the validator of the analysis results obtained 79,09% of the total amount validator answer 87 to 11 questions. Validation of the performance assessment sheets of 79,09% with a total amount of 87 validator assessment with 11 questions. With these results the validation is done to get a decent interpretation of the Value criteria. Where as student learning outcomes after the implementation of pilot development of assessment instruments in the form of a written test to get passing grade of 75,76% with completeness, the assessment of learning outcomes by 84,85% and a performance appraisal with the thoroughness of the learning outcomes of 96,97%. The average yield obtained amounted to 93,94%. From these results is then multiplied by the value contribution of each item rating of 10%, 15% and 75% and thereafter summed assessment of each sheet. The results obtained in the amount of 96,97%. In other words, the study results get Very Good criteria.

Keywords: Development, Assessment Instruments.

Published
2016-01-25
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 89