PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN E-BOOK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN HANDOUT PADA MATA PELAJARAN KONTRUKSI BANGUNAN DI KELAS X TGB SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

  • DAVIET NICKO CANDRA

Abstract

Mata pelajaran struktur bangunan adalah pelajaran yang lebih menekankan pemberian informasi pada teori bahan bangunan sehingga dibutuhkan pemahaman yang baik dan proses pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat belajar lebih maksimal. Dibutuhkan suatu model pembelajaran lebih efektif dan media yang mampu menyediakan video dan animasi untuk membantu memperjelas materi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan diterapkan model pembelajaran kontekstual dengan menggunakan e-book sebagai perangkat pembelajaran dan model pembelajaran konvensional menggunakan handout.

Peneltian yang digunakan adalah eksperimen murni bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan sebab akibat antara perlakuan yang disengaja diadakan dengan efek yang terjadi sesunggunya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 dan siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 2 Bojonegoro. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar. Setelah dihasilkan validasi perangkat pembelajaran dilakukan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dengan menggunakan e-book sebagai perangkat pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunkan e-book memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 78,55. (2) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional menggunakan handout memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 68,59. yang berarti hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunkan e-book ebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional menggunakan handout.

Kata Kunci : e-book jenis dan karakteristik baja, model pembelajaran contextual teahing learning

Subjects structures are lessons that emphasize the provision of information on the theory of building materials and so we need a good understanding and interesting learning process so that students can learn more leverage . We need a more effective learning model and media are able to provide video and animation to help clarify the matter and increase students' motivation . This study aims to determine differences in student learning outcomes with contextual learning model applied by using the e -book as a tool of learning and conventional learning models using handouts.

The study is purely an experiment aimed to test whether there is a causal link between the treatment which is held by the real effects that occur . Subejek this study were students of class X and X TGB TGB 1 2 SMK Negeri 2 Bojonegoro . The instrument used is the validation sheet learning and achievement test . After aimlessly learning device validation tests to determine student learning outcomes after treatment using contekstual learning model by using the e -book as a medium of learning.

The results showed that ( 1 ) Learning to apply contextual learning model using the e -book has an average of learning outcomes at 78.55 . ( 2 ) learning by applying conventional learning models using handout has an average of 68.59 learning outcomes . which means that the results of student learning by applying contextual learning model using the e -book ebih better than learning outcomes of students who apply conventional learning models using handouts .

Keywords : e -book type and characteristics of the steel , contextual learning model teahing learning.

Published
2016-02-03
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 183