PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR DENAH TYPE 45/120 DENGAN PERANGKAT LUNAK SISWA KELAS XI  TGB SMK NEGERI 1 SIDOARJO

  • SUCI MAUIDHOTUL HASANAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas instrumen penilaian unjuk kerja yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa kelas XI TGB SMKN 1 Sidoarjo pada kompetensi dasar Menggambar Denah.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and development (R&D) yang terbatas pada 6 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, (5) revisi desain, uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, penilaian unjuk kerja, dan tes unjuk kerja. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 28 siswa di SMKN 1 Sidoarjo dan unit analisisnya meliputi lembar penilaian dan instrumen penilaian unjuk kerja yang dikembangkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja pada tahap (1) potensi dan masalah yang ditemui di lapangan mendukung untuk dilakukan penelitian pengembangan, (2) pengumpulan data meliputi silabus, RPP, dan metode penilaian, (3) desain produk yang akan dikembangkan adalah instrumen penilaian unjuk kerja, (4) validasi desain menunjukkan instrumen penilaian unjuk kerja yang dikembangkan pada kategori valid, (5) revisi desain dilakukan berdasarkan kritik dan saran dari validator, (6) uji coba produk ini setelah dianalisis menunjukkan bahwa hasil validitas instrumen penilaian unjuk kerja untuk butir soal nomor 1, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 11, 12, 13, 17, 19, 20, 21, 22, dan 24 berada pada kategori sangat baik, sedangkan untuk butir soal nomor 2, 8, 10, 14, 15, 16, 18 dan 23 berada pada kategori sangat rendah, sedangkan hasil reliabilitas instrumen penilaian unjuk kerja termasuk dalam kategori sangat tinggi.

Kata kunci : Penilaian Unjuk Kerja, Menggambar Denah.

This study aims to determine the quality of performance assessment instrument used to measure learning result of student in class XI TGB of SMKN 1 Sidoarjo on the basis of competititon drawing a plan.

This research is include of the type research and development (R&D) is limited to 6 stages: the potential and problems, data collection, product design, design validation, revision of design, product trials. Data collection techniques used are documentation, performance assessment, and test performance. The subjects in this study are 28 students of smkn 1sidoarjoand the analysis unit includes sheet assessment and performance assessment instruments developed.

The results ofthis study show that the development ofassessment instruments on stage performance(1) the potential and problems encounteredin the field support for research development, (2) the data collection includes syllabi, RPP, and assessment methods, (3) the design of products that will be developed is an assessment instrument performance, (4) validation of the design shows instrument performance assessment developed in the category of valid, (5) revision of the design is based on criticism and advice validators, (6) this product trials have been analyzed indicate that the result validity of the performance assessment instrument for question number 1, 3, 4, 5, 6, 7, 9, 11, 12, 13, 17, 19, 20, 21, 22 and 24 are in the very good category, while for question number 2, 8, 10, 14, 15, 16, 18 and 23 are in the category of very low, while the result reliability of the performance assessment instrument are included in the category of very high.

Keyword : Performance Assessment, Drawing a Plan.

Published
2016-02-04
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 110