PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PADA MATA PELAJARAN MEKNIKA TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURABAYA)

  • HABIBI ROCHMAN

Abstract

Rendahnya ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK Negeri 5 Surabaya pada tahun ajaran 2013/2014 yaitu sebesar 33,33% siswa belum tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75, hal tersebut dikarenakan kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa adalah model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Modul dalam praktiknya dapat meningkatkan hasil belajar siswa, di SMK Negeri 5 Surabaya modul belum diterapkan secara maksimal, maka dengan diterapkannya modul diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mengetahui  hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan menggunakan modul pada materi menganalisis konstruksi balok sederhana (Sendi dan rol). (2) Mengetahui respons siswa setelah setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan menggunakan modul pada materi menganalisis konstruksi balok sederhana (Sendi dan rol).

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMKN 5 Surabaya, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-2 sejumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TGB-1 sejumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes hasil belajar siswa, dan kuesioner respon siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis penilaian validator, analisis kuesioner respons siswa, dan uji-t dua pihak sampel independen.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (a) Hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen (X TGB-2) dengan kelas kontrol (X TGB-1), di mana nilai pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan rerata pada kelas eksperimen sebesar 82,79 dan 78,14 pada kelas kontrol. (b) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share dengan menggunakan modul sebesar 81,61%. Artinya, siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tersebut.

Kata Kunci: Think-Pair-Share (TPS), Hasil Belajar Siswa, Respon siswa, Mekanika Teknik

The low complete learning students in the subjects of engineering mechanics at SMK Negeri 5 Surabaya in the academic year 2013/2014 in the amount of 33.33% of the students have not completed the minimum completeness criteria 75, it is because the lack of activity of students in learning activities. One model of learning is expected to increase students' activity is a model of type Cooperative Learning Think-Pair-Share (TPS). Modules in practice can improve student learning outcomes, in SMK Negeri 5 Surabaya module is not applied to the maximum, then the module implementation is expected to improve student learning outcomes. The purpose of this study is. (1) Determine the student learning outcomes after applying cooperative learning model TPS using modules on analyzing the material simple beam construction (Joints and rollers). (2) Knowing a student's response after after applying cooperative learning model TPS using modules on analyzing the material simple beam construction (Joints and rollers).

This study was an experimental study using a quasi-experimental research design. The population in this study were all students of class X Program Architecture Engineering at SMK 5 Surabaya, while samples in this study were students of class X TGB-2 number of 28 students as an experimental class and class X TGB-1 number of 29 students as the control class , Collecting data using the method of documentation, test results of the students 'learning and students' questionnaire responses. Data analysis using analytical techniques validator assessment, analysis of the questionnaire responses of students, and the t-test of independent samples of the two parties.

The results of this study are as follows. (a) The results of student learning demonstrates the difference between the experimental class (X TGB-2) the control class (X TGB -1), where the value of the experimental class is better than the control class with the average of the experimental class at 82.79 and 78.14 in the classroom control. (b) The response of students to the application of learning model Think-Pair-Share by using module of 81.61%. That is, students respond positively to the learning model application using instructional materials.

Keywords: Think-Pair-Share (TPS), Student Results, student respons, Engineering Mechanics

Published
2016-02-11
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 65