PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASISSTED INDIVIDUALIZATION (TAI) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 JOMBANG

  • JULIS MAYANTI

Abstract

Mekanika Teknik merupakan mata pelajaran pokok di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karena Mekanika TeknikĀ (Mektek) merupakan ilmu dasar dalam perhitungan struktur bangunan. Oleh karena itu, model pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas sangat menentukan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar Mekanika Teknik pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Team Assisted Individualization adalah sebuah metode pembelajaran yang menggambungkan antara pembelajaran kelompok dan individu. Sehingga siswa dapat belajar bersama kelompok maupun secara mandiri.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Mektek, (2) Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada mata pelajaran Mektek, dan (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif TAI pada mata pelajaran Mektek.

Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Designs. Desain penelitian ini menggunakan satu kelas, tidak memerlukan kelas kontrol. Penentuan tingkat kelayakan perangkat pembelajaran kooperatif TAI diukur berdasarkan uji validasi dari para ahli dan uji coba kepada siswa melalui tes hasil belajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengamatan, tes, dan angket. Teknik pengamatan digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang aktivitas guru dan siswa, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data kuantitatif tentang peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode TAI, dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap metode TAI.

Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran metode TAI memperoleh rata-rata 79%, sehingga perangkat dinyatakan layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Asissted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Rerata peningkatan masing-masing Kuis 1, 2, 3, dan 4 (K1, K2, K3, dan K4) adalah 77,86, 81,63, 82,30 dan 85,43. Pada Kuis besar 1, dan Kuis besar 2 (KB1, dan KB2) peningkatan hasil belajar siswa mencapai rerata 86,61, dan 87,86. Keterlaksanaan aktivitas pembelajaran dengan metode TAI memperoleh kriteria baik dengan persentase 78,57% dan kriteria sangat baik 21,43%; hasil respon siswa menunjukkan rata-rata 72% siswa atau sebanyak 20 siswa menyatakan setuju menggunakan pembelajaran dengan metode kooperatif TAI, sedangkan 28% atau sebanyak 8 siswa menyatakan ragu-ragu atau bahkan kurang setuju menggunakan model pembelajaran TAI pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

Kata kunci : Mekanika teknik, Model Pembelajaran Kooperatif, Team Asissted Individualization, Hasil Belajar.

Engineering Mechanics is basic subjects in vocational schools (SMK), because of Engineering Mechanics (Mektec) is a basic science in the calculation of building structures. Therefore, the learning model used by teachers in the classroom will determine student learning outcomes. Learning model applied to improve the learning outcomes of Engineering Mechanics in this study is a cooperative learning model Team Assisted Individualization (TAI). Team Assisted Individualization is a learning method that combined between group and individual learning. So that students can learn with a group or independently.

The purpose of this study were (1) To determine the feasibility of the cooperative learning Team Assisted Individualization (TAI) in subjects Mektec, (2) How materialize cooperative learning TAI type, (3) To know the learning outcome of students using cooperative learning model type TAI on subjects Mektec, and (4) To determine the students' response to the cooperative learning TAI on subjects Mektec.

This study is Quasi Experimental Designs. This study design using a single class, does not require the control class. The determination of the feasibility of cooperative learning device TAI measured by test validation of experts and test to students through achievement test. Data was collected using observation techniques, test, and questionnaire. Observation technique used to obtain qualitative data on the activities of teachers and students, while the test techniques used to obtain quantitative data on improving student learning outcomes using TAI, and questionnaires are used to determine students' response to TAI methods.

The results show the feasibility of the learning methods TAI gained an average of 79%, so that the device is declared fit for use for teaching and learning activities, are improving student learning outcomes using cooperative learning model Asissted Team Individualization (TAI) on the subjects of Engineering Mechanics. the average increase in each Quiz 1, 2, 3, and 4 (K1, K2, K3, and K4) are 77,86, 81,63, 82,30 and 85,43. At large Quiz 1, and a large Quiz 2 (KB1 and KB2) improving student learning outcomes reached an average 86,61, and 87,86. Materialize learning activities with TAI method of obtaining both criteria with the percentage of 78,57% and 21,43% criteria very well; the results of student responses showed an average 72% of students or as many as 20 students agreed to use cooperative learning methods TAI, while 28% or as much as 8 students expressed hesitation or even less amenable to use learning model of TAI on the subjects of Engineering Mechanics.

Keywords : Mechanics engineering, Cooperative Learning Model, Team Asissted Individualization, Learning Outcomes.

Published
2016-02-22
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 350