PENERAPAN  MEDIA CD (COMPACT DISK ) INTERAKTIF PADA MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MATERI TEKNIK PENGOPERASIAN ALAT SIPAT DATAR DALAM PEKERJAAN PENGUKURAN ELEVASI TANAH DI KELAS X GB SMK NEGERI 5 SURABAYA

  • ANDIK SEPTIAN PRATAMA

Abstract

Proses pembelajaran merupakan rangkaian komunikasi antara siswa dan guru, proses tersebut dikatakan efektif apabila materi yang disajikan guru dapat diserap oleh siswa. Upaya yang dapat dilakukan untuk membantu siswa memahami materi adalah dengan media yang menarik, penggunaan media tidak lain adalah untuk mengurangi verbalisme agar anak didik mudah memahami bahan pelajaran yang disajikan. Salah satu media yang banyak digunakan dalam proses pembelajaran adalah CD (Compact Disk) Interaktif, CD (Compact Disk) Interaktif merupakan media yang berisikan aplikasi interaktif yang dikemas dalam bentuk CD (Compact Disk.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan hasil belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media CD (Compact Disk.) Interaktif pada model pembelajaran Explicit Instruction dengan materi teknik pengoperasian alat sipat datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni/ true experiment  dengan kelas X GB3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X GB1 sebagai kelas kontrol, dilaksanakan di SMKN 5 Surabaya jl. Mayjend Prf Dr. Moestopo No. 167-169, Surabaya, tahun ajaran 2015/2016. Keterlaksanaan pembelajaran ini diidentifikasi melalui kegiatan mengajar guru yang diperoleh jumlah nilai hasil pengamatan sebesar 77,67, serta jumlah nilai hasil pengamatan kegiatan belajar siswa sebesar 37,67 sehingga masuk kategori baik. Sedangkan untuk hasil belajar kognitif yang diambil dari nilai posttest, untuk kelas X GB3 (eksperimen) terdapat 26 siswa yang tuntas mendapatkan nilai diatas KKM dengan presentase 89,11% dan 3 siswa yang belum tuntas dengan presentase 10.89%, Hasil belajar pada kelas X GB1 (Kontrol) terdapat 19 siswa yang tuntas dengan presentase 75,05% dan  10 siswa yang belum tuntas dengan presentase 27,97%. Setelah dianalisis menggunakan rumus statistik uji t pihak kanan, didapatkan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (1.915 > 1.671), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menerapkan pembelajaran dengan CD (Compact Disk.) Interaktif melalui Model Explicit Instruction dengan siswa yang menerapkan metode konvensional tanpa menggunakan CD (Compact Disk.) Interaktif.    

Kata kunci: Explicit Instruction, CD Interaktif, Hasil Belajar Siswa, Respon Siswa, Keterlaksanaan Pembelajaran, True Experiment.

The learning process is a series of communication between students and teachers, the process is said to be effective if the materials presented can be absorbed by the students' teachers. The efforts that can be done to help students understand the material is interesting media, no other media use is to reduce verbal so that students easily understand the lesson material presented. One medium that is widely used in the learning process is a CD (Compact Disk) Interactive, CD (Compact Disk) Interactive is an interactive application that contains media that is packaged in a CD (Compact Disk). This study aims to determine the enforceability and student learning outcomes after obtaining learning using CD (Compact Disk) media Interactive on Explicit Instruction learning model with the operation of the technical material carpenter's level. This type of research is true experimental/ true experiment in class X GB3 as an experimental class and class X GB1 as the control class, held at State 5 Surabaya jl. Mayjend Prf Dr. Moestopo No. 167-169, Surabaya, in 2015/2016. This carry learning identified through teaching activities of teachers who obtained the total value of the observations of 77.67, as well as the amount of the value of the observation of student learning activities amounted to 37.67 so it makes good category. As for the cognitive learning taken from the value of the posttest, for class X GB3 (experiment) there were 26 students who completed scores above the KKM with a percentage of 89.11 % and 3 students who have not completed with a percentage of 10.89%, learning outcomes in class X GB1 (controls) there were 19 students who finished with a percentage of 75.05% and the 10 students who have not completed with a percentage of 27.97%. Having analyzed using a statistical formula t test right party, obtained tcount 1,915 and 1,671 ttable Price with error level α = 5 % Since tcount greater than the value t table (1,915 > 1,671), then Ho is rejected and Ha accepted. then Ho is rejected and Ha accepted. It can be concluded that there are differences in learning outcomes between students who apply learning with Interactive CD (Compact Disk) via Explicit Instruction Model with students who apply conventional methods without using Interactive CD (Compact Disk).

Keyword: Explicit Instruction, Interactive CD, Results Student, Student Response, Carry Learning, True Experiment.

Published
2016-03-14
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 119