PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN

  • NITA SARI

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Assurance, Relevance, Interest, Assesment, & Satisfaction (ARIAS) dan Model Pembelajaran Langsung (MPL). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan ARIAS dan MPL ditinjau dari self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya untuk untuk mengorganisasi,melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan,menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  ARIAS dan MPL, (2) mendiskripsikan perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari Self Efficacy tinggi dan Self efficacy rendah siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  ARIAS dan MPL, (3) mendiskripsikan interaksi antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS dan MPL siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi dan rendah pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-1 sebagai kelas eksperimen dan X TGB-2 sebagai kelas kontrol di SMKN 1 Nganjuk. Kemudian untuk menganalisis data digunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji post hoc.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa ranah kognitif yang menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih baik dibandingkan MPL. Akan tetapi hasil belajar ranah psikomotor dan afektif menunjukkan MPL lebih baik dibandingkan model pembelajaran ARIAS. Rerata hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor kelas eksperimen secara bertut-turut 83,78; 81,91; dan 81,26.  Sedangkan rerata hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada kelas kontrol secara bertut-turut 79,26; 79,09; dan 78,60. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah kognif dan psikomotor siswa ditinjau dari Self Efficacy tinggi dan self efficacy rendah, siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS dan MPL. Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,951 dan 0,327. (3) Tidak terdapat interaksi antara hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS dan MPL pada siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi dan Self Efficacy rendah. Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,502 dan 0,788.

Kata kunci: Pengaruh model pembelajaran ARIAS, model pembelajaran langsung, self efficacy, hasil belajar.

Learning model applied in this study is Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) and Direct Learning Model (DLM). Student learning outcomes that learned by ARIAS and MPL in terms of self-efficacy. Self-efficacy is the belief about her ability for individuals to organize, perform a task, achieve an objective, produce something and implement actions to display prowess. This study aims to: (1) describe the differences in student learning outcomes in subjects Construction that learned with a learning model ARIAS and DLM, (2) describe the differences in student learning outcomes in terms of Self Efficacy who have high and low students on subjects Construction that learned with a learning model ARIAS and DLM, (3) describe the interaction between student learning outcomes that learned with the learning model DLM and ARIAS Self Efficacy students who have high and low on the subjects of Building Construction. The method used is quasi experiment with a 2x2 factorial design. Subjects in this study were students of class X TGB-1 as the experimental class and TGB X-2 as the control class at SMK 1 Nganjuk. Then to analyze the data used ANOVA two lanes and continued with post hoc. Test showed that: (1) student learning outcomes of cognitive learning model that uses ARIAS better than DLM. However, study results indicate psychomotor and affective DLM is better than learning model ARIAS. Mean results of cognitive learning, affective, and psychomotor classroom experiment respectively 83.78; 81.91; and 81.26. While the average of the results of cognitive learning, affective and psychomotor student in grade control respectively 79.26; 79.09; and 78.60. (2) There is no significant difference in learning outcomes of students psychomotor domains kognif and Self Efficacy in terms of high and low self efficacy, students that learned with a learning model ARIAS and DLM model. SPSS results demonstrate the significant value of learning outcomes cognitive and psychomotor row by 0.951 and 0.327. (3) There is no interaction between learning outcomes cognitive and psychomotor students that learned by ARIAS learning models and DLM on students who have a high Self Efficacy and Self Efficacy low. SPSS results demonstrate the significant value of learning outcomes cognitive and psychomotor row by 0.502 and 0.788.

Keywords: Effects of learning model ARIAS, direct learning model, self-efficacy, learning outcomes.

Published
2016-03-14
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 41