PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMK Negeri 1 NGANJUK

  • VINSENSIUS FERRER KUA

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar rendahnya hasil belajar siswa kelas X TGB  pada mata pelajaran mekanika teknik. Hal ini disebabkan sulitnya daya serap siswa dalam memahami pengetahuan mekanika teknik dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kritis, maka perlu meningkatkan hasil belajar siswa, melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Handout. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 pada mata pelajaran mekanika teknik, (2) meningkatkan kegiatan mengajar guru dalam penerapan model problem based learning dengan handout, (3) meningkatkan kegiatan belajar siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Nganjuk dalam menerapkan model problem based learning dengan handout.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Nganjuk berjumlah 36 siswa dan guru mata pelajaran mekanika teknik kelas X. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, lembar observasi atau pengamatan kegiatan mengajar guru dan lembar observasi atau pengamatan kegiatan belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan tes, metode observasi kegiatan mengajar guru, dan metode observasi kegiatan belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa dalam penerapan model problem based learning (PBL) dengan handout pada siklus 1 nilai rata-rata kelas sebesar 77,25 atau dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 66,67%, meningkat pada siklus 2 nilai rata-rata kelas sebesar 85 atau dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 88,89%.  . (2) hasil kegiatan mengajar guru dalam penerapan model problem based learning (PBL) dengan handout pada siklus 1 memperoleh rerata sebesar 2,75 dengan kriteria cukup baik meningkat pada siklus 2 memperoleh rerata sebesar 3,58 dengan kriteria baik (3) hasil kegiatan belajar siswa dalam penerapan model problem based learning (PBL) dengan handout pada siklus 1 memperoleh rerata sebesar 3,08  dengan kriteria cukup baik meningkat meningakat  pada siklus 2 memperoleh rerata sebesar 3,82 dengan kriteria baik.

 Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran PBL dengan Handout pada mata pelajaran mekanika teknik di kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Nganjuk. (2) Terdapat peningkatan hasil kegiatan  mengajar guru dalam menerapkan pembelajaran PBL dengan handout. (3) Terdapat peningkatan hasil  kegiatan belajar siswa pada penerapan model pembelajaran PBL dengan Handout.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Handout, Hasil Belajar Siswa

This research applied based on the low of student learning result of TGB tenth grade student of on technique mechanic subject. It was due to the student’s receiving ability in understanding technique mechanic knowledge and lack of critical thinking development, which will need to improve student learning result, through the application of Problem based learning model with handout. The purposes of this research were: 1) to improve student’s learning result of tenth grades SMK Negeri 1 Nganjuk on technique mechanic subject, 2) to improve teacher’s teaching activity in applied problem based learning through handout, 3) to improve student’s learning activities of tenth grades SMK Negeri 1 Nganjuk on technique mechanic subject through handout.

This was a class action research which conducted for two cycles. Research subject were tenth grades students of SMK Negeri 1 Nganjuk that maounted of 36 students and tenth grade technique mechanic teacher. Instrument which applied were student learning result, observation sheet and teacher activity observation sheet and student learning activity observation sheet. Data collecting technique which applied were test, teacher instruction activity observation method, and student learning activity observation method.

Research results showed that: 1) student learning results with problem learning result (PBL) application through handout on first cycle with class score mean as big as 77.25 and on second cycle class score mean as big as 85. Student’s learning completeness on first cycle as big as 66.37% and on second cycle was 88.89%. 2) Teacher’s instruction activity result obtained 2.75 and on second cycles was 3.58. 3) Student’s learning result in PBL model application with handout in first cycle obtain mean as big as 3.08 and on second cycles was 3.82.

This research conclusion were: 1) there was an improvement on student learning result though PBL learning model application on technique mechanic subject on TGB tenth grade student of SMK Negeri 1 Nganjuk. 2) There was an improvement on teacher instruction activity in applied PBL learning through handout. 3) There was improvement on student’s learning result on PBL learning model application through handout.

Keywords: Problem Learning Result (PBL), Handout, student’s learning result.

Published
2016-03-30
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 69