PETA KEMAMPUAN DASAR MAHASISWA DENGAN LATAR BELAKANG SEKOLAH (SMK, SMA DAN MA) DI PRODI S-1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • ADITYA PERMADANY

Abstract

Pendidikan di Indonesia adalah hal utama agar sumber daya manusia memiliki ilmu pengetahuan menghadapi tantangan di era globalisasi. Sekolah menengah atas dan sederajat di Indonesia ada SMA, SMK dan MA yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan peta kemampuan dasar mahasiswa  pada prodi PTB di Unesa .

Penelitian ini adalah penelitian analitis deskriptif, peneliti menyajikan data dan menggambarkan seperti apa adanya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PTB yang berjumlah 588 mahasiswa, sampel penelitian ini adalah mahasiswa PTB angkatan 2009 sampai 2013 dengan jumlah 282 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari BAAK, PUSKOM dan data transkrip. Data mahasiswa yang diperoleh dikelompokkan berdasar asal sekolah mahasiswa dan data nilai mahasiswa dikelompokkan berdasar kelompok mata kuliah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2009 sampai dengan angkatan 2013 dari asal sekolah SMK berpotensi lebih di ilmu teknik sipil dengan rata-rata tertinggi 3,05, praktek 3,57 dan menggambar 3,05. Mahasiswa dari asal sekolah SMA dan MA berpotensi lebih di ilmu pendidikan dengan rata-rata tertinggi 3,28 dari SMA dan 3,23 dari MA.

Kata kunci: peta kemampuan dasar, mahasiswa PTB, berdasar asal sekolah

Education in Indonesia is the main thing that human resources have the knowledge to face the challenges and demands in the era of globalization. High school and equal in Indonesia there SMA, SMK, and MA which aims to develop science. The purpose of this study was to map the basic capabilities of students in PTB Unesa.

This experiment is a descriptive analytical research, researchers presenting data and describe what their. This research is the student population totaling 588 students PTB, samples of this study are students PTB class of 2009 until 2013 with the number of 282 students. This research is done by collecting data from BAAK, PUSKOM and transcript data. Student data obtained and then classified by the school of origin and the value data broken down by groups of subjects.                    

The research results that students from 2009 until 2013 the based school student from SMK potentially more in civil engineering with the highest average price of 3.05, practices 3.57 and draw 3.05. Student from SMA and MA potentially more in education with the highest average 3.28 from SMA and 3.23 from MA.

Keywords : map basic skill, students PTB, background in high school

Published
2016-04-05
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 67