PENGARUH PENGGUNAAN METODE TRIAL AND ERROR MELALUI PENGAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TGB DI SMK NEGERI 1 MOJOKERTO

  • HASRIANI

Abstract

Pada saat pembelajaran di SMK Negeri 1 Mojokerto menunjukkan bahwa guru masih mengajar dengan menggunakan metode konvensional. Dari hasil wawancara kepada guru produktif mata pelajaran mekanika teknik sebelum dilaksanakan remidi masih ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM sebesar 75. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan metode Trial and Error melalui pengajaran langsung (Explicit Instruction) pada mata pelajaran mekanika teknik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan model pretest – posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/ 2015 di SMK Negeri 1 Mojokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan  sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 1 berjumlah 34 orang dan kelas X TGB 2 berjumlah 35 orang. Teknik analisis data untuk perangkat pembelajaran divalidasi dianalisis secara deskriptif, pengamatan keterlaksanaan pembelajaran juga dianalisis secara deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t dua pihak.

Hasil validasi seluruh perangkat pembelajaran yang telah dibuat dinyatakan layak atau valid sedangkan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa kelas kontrol (X TGB 1) dengan model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata – rata 74,76 dan dari 25 siswa dinyatakan lulus. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen (XTGB 2) dengan metode trial and error melalui pengajaran explicit instruction mendapatkan nilai rata – rata 81,34 dan dari 31 siswa dinyatakan lulus dan 4 orang dinyatakan tidak lulus. Hasil uji-t diketahui nilai hasil perhitungan uji-t hitung < t tabel yaitu -2,841 < 2,034 maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol.

Kata Kunci: Explicit Instruction (EI), Mekanika Teknik, Hasil Belajar.

At the time of learning in SMK Negeri 1 Mojokerto show that teachers still teach using conventional methods. From interviews to teachers of productive subjects before being implemented remedial engineering mechanics there are still some students who have not reached the KKM amounted to 75. The purpose of the study is to examine outcomes after using the trial and error method through teaching explicit instruction on the subjects of engineering mechanics.

This type of research is True Experimental Design model pretest - posttest control group design. This research was conducted in the second semester of the academic year 2014/2015 at SMK Negeri 1 Mojokerto. The population in this study were students of class X Architecture Engineering while samples in this study were students of class X TGB 1 amounted to 34 and class X TGB 2 amounted to 35 people. Data analysis techniques for learning devices validated analyzed by descriptive, observational study carried out also analyzed descriptively while analysis of student learning outcomes is done with normality test, homogeneity, and t-test two parties.

The results of the validation entire learning tools that have been created otherwise feasible or valid while learning accomplished observations show results with both criteria. Control class student learning outcomes (TGB X 1) with conventional learning models gain value - average 74.76 and 25 students passed. While the experimental class student learning outcomes (XTGB 2) the method of trial and error through the teaching of explicit instruction to get value - average of 81.34 and 31 students passed and 4 did not pass. The results of the t-test known value calculation results of test-t <t table is -2.841 <2.034 then Ho is accepted and Ha rejected so that it can be concluded that the experimental class student learning outcomes is greater than the control class learning outcomes.

Keywords: Explicit Instruction (EI), Engineering Mechanics, Learning Outcomes.

Published
2016-04-13
Abstract Views: 479
PDF Downloads: 213