PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI KONSTRUKSI KUSEN PINTU DAN JENDELA KELAS X TGB SMKN 2 BOJONEGORO

  • MUHAMMAD BISHRUL KHOFI

Abstract

Strategi pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang terbukti efektif dalam membantu siswa menghafal informasi dari bacaan. Inti dari strategi pembelajaran SQ3R adalah Survey (penelahan), Question (bertanya), Read (membaca),  Recite (tanya-jawab sendiri) dan Review (mengulang secara menyeluruh). Selain penerapan strategi pembelajaran, guru juga harus menyiapkan materi yang mudah di pahami oleh siswa salah satunya adalah dengan  menggunakan handout. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian One Shot Case Study. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Subyek penelitian adalah kelas X TGB 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro dengan jumlah 32 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016. Data dikumpulkan melalui validasi, observasi dan tes. Pengumpulan data validasi dilaksanakan pada tanggal 01 desember – 13 januari 2016, sedangkan untuk pengumpulan data melalui observasi dan tes dilaksanakan pada tanggal 27 januari – 03 februari 2016. Validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, antara lain silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi dan lembar soal belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui kegiatan belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, yang diberikan pada akhir pembelajaran.

Berdasarkan hasil validasi, silabus mendapatkan presentase 88.18%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase 87.62%, materi mendapatkan presentase 83.00%, lembar soal belajar belajar siswa mendapatkan presentase 83.85%. Artinya, perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria kelayakan. Hasil pengamatan kegiatan belajar siswa pada pertemuan I mendapatkan presentase 72.22% termasuk dalam kriteria baik, sedangkan pada pertemuan II mendapatkan presentase76.39% yang termasuk dalam kriteria baik. Artinya kegiatan belajar siswa pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 77.30. Jumlah siswa yang dinyatakan tidak tuntas yaitu 8 siswa atau 25.00% dari jumlah 32 siswa, sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas yaitu 24 siswa atau 75.00%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dengan menggunakan handout berpengaruh positif terhadap kegiatan belajar siswa dan hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan dengan penerapan strategi pembelajaran SQ3R dengan menggunakan handout tersebut siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa diberi contoh permasalahan disekitarnya yang berhubungan dengan materi dan menganalisa permasalahan tersebut dengan bimbingan guru, sehingga peserta didik dapat dengan mudah mengembangkan pemahaman mereka sendiri.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran SQ3R, Handout.

Abstract

Survey, Question, Read, Recite, and Reviews (SQ3R) learning strategy is one of the strategies that proved effective in helping students memorize information from reading. The essence of strategy is learning SQ3R Survey (penelahan), Question (asked), Read (read), Recite (question and answer itself) and Reviews (repeat as a whole). In addition to the application of learning strategies, teachers need to prepare material that easily understood by students one of them is to use a handout. The purpose of this study was to determine the learning activities of students and student learning outcomes.

This type of research is the study of One Shot Case Study. The design used in this study is the Pre-Experimental Design. Subjects were class X TGB 1 SMK Negeri 2 Bojonegoro with the number of 32 students. Research was conducted in the second semester of the academic year 2015-2016. Data were collected through validation, observation and tests. The collection of data validation was conducted on 01 December - 13 January 2016, whereas for the collection of data through observation and tests conducted on 27 January - 03 February 2016. The validation is used to determine the feasibility of learning tools, such as syllabi, Learning Implementation Plan (RPP), and sheet material about student learning. Observation is used to determine the learning activities of students during the learning process takes place. The test is used to determine student learning outcomes, which are given at the end of the lesson.

Based on the validation results, the syllabus earn 88.18% presentation, Learning Implementation Plan (RPP) get a percentage of 87.62%, 83.00% the percentage of material gain, booklet learn learning students get a percentage of 83.85%. That is, the learning device meets the eligibility criteria. The observation of learning activities of students at the meeting I get a percentage of 72.22% is included in both criteria, while in attendance II get presentase76.39% are included in both criteria. This means that students' learning activities at each meeting has increased. Learning outcomes of students scored an average grade 77.30. The number of students who otherwise did not complete that 8 students or 25.00% of the total of 32 students, while the number of students who otherwise completed ie 24 students or 75.00%. Based on these results it can be concluded that the application of learning strategies SQ3R using handout positive effect on student learning activities and student learning outcomes, this is due to the application of learning strategies SQ3R using the handout students are required to be more active in the learning process, students are given examples of problems surrounding the relate to the material and analyze the problems with the guidance of teachers, so that students can easily develop their own understanding.

Keywords: Learning Strategies SQ3R, Handout.

Published
2016-04-20
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 24