PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGAMBAR RENCANA KUSEN PINTU DAN JENDELA KAYU  PADA SISWA KELAS XI di SMKN 1 NGASEM KEDIRI

  • ANDRE IRAWAN LUKE

Abstract

Pembelajaran harus diarahkan agar dapat membangkitkan keaktifan siswa. Perlu adanya pemecahan masalah dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat. Pemecahan masalah dalam penelitian ini mencoba menggunakan metode tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Adapula manfaat dalam penelitian ini yaitu mempermudah siswa dalam mempelajari materi, sebagai alternatif guru dalam pembelajaran dan menambah pengetahuan metode pembelajaran tutor sebaya bagi peneliti.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimental design. Data-data pada penelitian adalah hasil belajar siswa dan proses pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas XI TGB 1 SMK Negeri 1 Ngasem dengan jumlah siswa 35 orang. Dari data yang diperoleh, nilai rata-rata proses pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya (Variabel X) sebesar 516 dengan standar deviasi 7,390, untuk nilai rata-rata hasil belajar Menggambar Rencana Kusen Pintu dan Jendela Kayu (Variabel Y) sebesar 2942 dengan standar deviasi 240,231. Regresi linier sederhana dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran tutor sebaya (Variabel X) terhadap hasil belajar Menggambar Rencana Kusen Pintu dan Jendela Kayu  (Variabel Y).

Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai Fhitung (2,40) dan Ftabel dengan taraf signifikan 5% (4,12) sedangkan Ftabel dengan taraf signifikan 1% (7,41) yang berarti nilai  Fhitung lebih kecil dari pada Ftabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi tidak berarti (b = 0). Selanjutnya dilakukan uji linearitas Ho : Regresi linear, Ha : Regresi non-linear. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai Fhitung (1,03) dan Ftabel dengan taraf signifikan 5% (2,92) sedangkan Ftabel  dengan taraf signifikan 1% (4,51) yang berarti nilai  Fhitung lebih kecil dari pada Ftabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi bersifat linear. Hal ini berarti kompetensi Menggambar Rencana Kusen Pintu dan Jendela Kayu yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran tutor sebaya.

Learned must be focus to active student. Need to have any solution of problem to be a destination learning strategy. One of solution is used of this research is learning method. The aim of tis research was to determine the effect of student learning result by try applied peer-teaching learning method. Benefit of this research are give easy to be study material with any solution of learning and more knowledge to searcher peer-teaching.

Research method which applied was quasi experimental design. Research data were student learning results and student observation in including learning peer-teaching. Research subject was eleventh grade student of TGB 1 SMK Negeri 1 Ngasem with the amount of 35 students. From data obtained, student mean observation in including learning peer-teaching (variable x) as bug as 516 with standard deviation 7.930, for drawing door and window frame draft (variable y) as big as 2942 with standard deviation 240.231. Simple linier regression performed to determine the effect of pee-teaching learning (variable x) to drawing door and window frame draft (variable y).

Hypothesis testing result showed that Fcount score (2.40) and Ftable with signification rate of 5% (4.12) while Ftable with signification ate 1% (7.41) which mean that Fcount score smaller than Ftable. It can be conclude that coefficient regression direction has no mean (b=0). Then performed Ho linearity test: linear regression, Ha : regression non-linear. Hypothesis testing result showed that Fcount score (1.03) and Ftable with signification rate of 5% (2.92) while Ftable with signification ate 1% (4.51) which mean that Fcount score smaller than Ftable, it can be conclude that regression is linear.  It is mean draw achieviement plan of door and wood window is used with learning peer-teaching method give efect to output knowledge student.

Keywords: learning result, peer-teaching learning

Published
2016-05-03
Abstract Views: 73
PDF Downloads: 54