PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X TEKNIK BANGUNAN SMKN 1 SIDOARJO

  • DARMA SUBIANTORO

Abstract

Siswa merasa kesulitan memahami mata pelajaran konstruksi bangunan, karena isi materi pelajaran lebih banyak menjelaskan mengenai pelaksanaan pekerjaan konstruksi di lapangan. Sedangkan guru sebagai sumber belajar yang pasif. Selain itu media yang telah digunakan hanya media visual. Dari kurangnya media pembelajaran yang digunakan, maka media pembelajaran interaktif harus dikembangkan sebagai cara untuk mengatasi kelemahan yang ada, serta harus adanya pengembangan model-model pembelajaran yang inovatif. Media pembelajaran yang digunakan berbasis komputer dengan Prezi, dan model pembelajaran yang digunakan adalah Mind Mapping. Hal ini memungkinkan terlaksananya kegiatan belajar mandiri untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Mind Mapping dengan  media Prezi layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X TB di SMKN 1 Sidoarjo.

Penulisan ini merupakan hasil penelitian atau Quasi Eksperimen yaitu penenerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan media Prezi pada mata pelajaran konstruksi bangunan dengan tahapan menerapkan model pembelajaran mind mapping dengan media prezi pada kegiatan pembelajaran, setelah itu dilakukan posttest, selanjutnya dilakukan analisis data, dan didapat hasil dalam bentuk keterlaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi perangkat, lembar pengamatan pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar. Analisis data terdiri dari analisis kelayakan perangkat, analisis butir soal, dan analisis kelayakan media. Tahap pengujian produk dilakukan kepada 30 siswa dari jumlah seluruhnya 80 siswa kelas X TB di SMKN 1 Sidoarjo.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian secara deskriptif dan kuantitatif model pembelajaran Mind Mapping dengan media Prezi, menunjukkan persentase keseluruhan 85,44%, maka media pembelajaran menggunakan Prezi layak digunakan oleh siswa kelas X TB sebagai alat bantu pembelajaran di SMKN 1 Sidoarjo. Hasil belajar siswa yang diperoleh menunjukkan 81,17% siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 18,83% belum mampu memenuhi KKM, serta didapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 86.

Kata Kunci: Penerapan Media Pembelajaran, Prezi, Mind Mapping, Konstruksi Bangunan, Quasi Eksperimen.

Students felt difficult to understand on building construction subject, because the contents of the subject more explaining the implementation of construction work in the field. While, teacher become passive major source. In addition media that had been used visual media. From the lack of the learning media that had been used, then the interactive learning media should be developed for the way to superintend the weakness, and there should developing of interactive learning models. Learning media that will use is computing basic with Prezi’s program, and the learning model that will use is Mind Mapping. This allow happen activities learning independent to superintend student’s difficult learning. The purpose of this research is to know do Mind Mapping learning model with Prezi’s media proper to use for learning and teaching activities building construction subject grade X building technique in vocational high school 1 Sidoarjo.

This writing is the result of research or Quasi Eksperiment namely assembling Mind Mapping learning model with prezi’s media for building construction subject with the applying mind mapping learning model with Prezi’s media for learning activity, then being do the posttest, after that doing the data analyze, and will get the result in carry out of learning and learning result. The research instrument included validation slide sets, monitoring of learning slide sets, and learning result test slide sets. Data analyze consist from validation analyze sets, granule of questions analyze, and validation of media. The testing product step will do by testing to 30 student from all quantity 80 student in grade X building technique in vocational high school 1 Sidoarjo.

Based on the analysis of research data descriptively and quantitatively Mind Mapping learning model with Prezi’s media, indicated the overall percentage of 85,44%, so the instructional media using Prezi suitable for being used by students of grade X building technique as a learning tool in vocational high school 1 Sidoarjo. Student learning outcomes which was obtained, shows the percentage of student who has filled the minimum completeness criteria (KKM) is 81,17% and 18,83% of students haven’t been able to fill KKM. And it showed that the whole of average is 86

Keywords: Assembling Learning Media, Prezi, Mind Mapping Construction Building, Quasi Eksperiment.

Published
2016-05-16
Abstract Views: 126
PDF Downloads: 83