PENERAPAN MEDIA WINDOWS MOVIE MAKER & MODUL TERHADAP MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X-KK SMK NEGERI 2 SURABAYA

  • HARI WIJANARKO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui : a). Hasil belajar siswa kelas X Kk SMK Negeri 2 Surabaya setelah menerapkan media windows movie maker & modul pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung. b). Perbedaan hasil belajar siswa kelas X Kk SMK Negeri 2 Surabaya setelah menerapkan media windows movie maker & modul pada mata pelajaran ilmu bangunan gedung.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data pada perangkat pembelajaran dianalisis secara deskriptif. Persyaratan analisis data menggunakan uji-t mensyaratkan bahwa, data yang akan diuji harus berdistribusi normal. Sehingga, sebelum melakukan uji-t data diuji menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji-t digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar signifikan antara kelas yang diberi media dengan kelas yang tidak diberi media yang dilakukan bersilangan selama 2 kali pertemuan. Uji-t dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics 18. Berdasarkan analisis hasil validasi, kelayakan perangkat pembelajaran adalah 86.04%, termasuk kategori baik. Sehingga, perangkat pembelajaran dapat  digunakan pada penelitian ini.

Rerata hasil belajar kelompok yang menggunakan media adalah 80.27, dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 85.15%  (Baik). Rerata hasil kelompok belajar yang tidak menggunakan media adalah 72.72, dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 48.33% (Cukup). Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t, TM I menunjukkan nilai thitung > ttabel (3.312 > 2.000) signifikansi < 0,05 (0.002 < 0.05) dan TM II menunjukkan nilai thitung > ttabel (2.796 > 2.000) signifikansi < 0,05 (0.007 < 0.05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan media Windows Movie Maker & Modul dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran hanya menggunakan modul pada tiap pertemuan.

Kata kunci: Windows Movie Maker, Modul, Hasil Belajar Siswa.

The purpose of this study was to determine : a) . The results of class X student of SMK Negeri 2 Surabaya Kk after applying windows movie maker and media modules on the subjects of the science building . b ) . Differences in the results of class X student of SMK Negeri 2 Surabaya Kk after applying windows movie maker and media modules on the subjects of the science building .

This type of research is quasy Experimental Design research design Nonequivalent Control Group Design. Data analysis techniques on the learning device analyzed descriptively . Terms of data analysis using t-test requires that data be tested should be normally distributed . Thus, before performing the test data is tested using a t- test for normality and homogeneity test. T-test was used to determine significant differences between classroom learning results by the media with the class who were not given the media who do cross over the two meetings. T-tests were performed using the IBM SPSS Statistics 18 . Based on the analysis of the validation results , the feasibility study is 86.04 % , including both categories. Thus, the learning device can be used in this study .

The mean result of learning using the media group is 80.27 , with students learning completeness of 85.15 % (Good) . Average results of the study groups that do not use the media is 72.72 , with students learning completeness of 48.33 % (Enough). Based on the results of t-test calculation , TM I showed t count > t table ( 3.312 > 2.000 ) significance < 0.05 ( 0.002 > 0.05 ) and TM II shows t count > t table ( 2,796 > 2,000 ) significance < 0.05 ( 0.007 < 0:05 ), then H0 and H1 accepted. That is, there are differences in learning outcomes of significant value between the class that implements the Windows Movie Maker media & Module with classes that implement learning models only use the modules at each meeting .

Keywords: Windows Movie Maker & Modules, Student Results.

Published
2016-05-16
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 44