PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR AUTOCAD BERDASARKAN GAMBAR MANUAL PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN DI KELAS XI TGB SMK NEGERI 1 MADIUN

  • ZURIANTO

Abstract

Observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Madiun, Ditemukan Instrumen Penilaian Hasil Belajar siswa masih menggunakan penskoran dengan model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Padahal SMK Negeri 1 Madiun telah menggunakan Silabus maupun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) K13. Oleh sebab itu perlu adanya perubahan Instrumen yang menggunakan Model pensekoran KTSP menjadi Instrumen Penilaian dengan model penskoran K13. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui  hasil validasi pengembangan intrumen penilaian dan hasil uji coba penerapan instrument penilaian hasil belajar. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TGB di SMK Negeri 1 Madiun tahun pelajaran 2014/2015. Permasalahan yang dibahas meliputi hasil validasi instrument dan uji coba penilaian hasil belajar.

Penelitian ini jenis penelitian dan pengembangan atau Research and  Development (R & D). penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut (Sugiyono,2013:407). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi instrument penilaian hasil belajar, dan hasil uji coba hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase.

Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah instrument penilaian hasil belajar. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator menunjukkan bahwa instrument penilaian hasil belajar yang digunakan layak dengan kriteria persentase 80%. Hasil analisis perhitungan uji coba hasil belajar siswa mendapatkan skor yang meliputi hasil penilaian gambar kerja dengan skor 81,9%, penilaian etiket dengan skor 85%, dan penilaian mulok dengan skor 82,8%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa instrmen penilaian hasil belajar siswa layak diterapkan sebagai instrument penilaian hasil belajar dengan prosentase kelayakan validasi instrument penilaian dengan nilai rata-rata 80 %. dan penilaian hasil belajar menggunakan instrument dengan aspek penilaian konstruksi bangunan dapat skor 82.3%, Kelengkapan gambar dapat skor 78.1%, dan Ketebalan garis dapat skor 85,9%. Kemudian saran untuk penelitian ini yaitu Hasil yang telah didapat dalam penelitian ini belum sempurna, oleh karna itu diharapkan untuk penelitian yang akan datang, hendaknya instrument penilaian hasil belajar siswa lebih dirincikan pennskorannya dan pokok pembahasan yang lain dengan bentuk penilaian kinerja yang berbeda

Kata Kunci : Instrumen penilaian hasil belajar siswa.

Observations have been conducted in SMK Negeri 1 Madiun, Found Instrument Learning Outcomes Assessment of students still use a scoring model Unit Level Curriculum (KTSP). Whereas SMK Negeri 1 Madiun been using the Syllabus and Learning Tool Plan (RPP) K13. Therefore it is necessary to change instruments using a scoring model KTSP became Instrument with scoring models K13. This study aims to know the results of the validation instrument development and outcome assessment instrument plicate assessment of learning outcomes. Objective research is class XI TGB in SMK Negeri 1 Madiun in the academic year 2014/2015. Issues covered include the results of validation testing instruments and assessment of learning outcomes

This research type of research and development or Research and Development (R & D). Research and development is the research methods used to produce a specific product and test the effectiveness of these products (Sugiyono, 2013: 407). Methods of data collection in this study was obtained through the results of the validation instrument learning outcomes assessment, and test results of student learning outcomes were analyzed descriptively quantitatively expressed as a percentage.

The learning device used is the learning outcome assessment instrument. The results of the validation has been done by the validator indicates that the instrument learning outcomes assessment criteria used decent percentage of 80%. The results of the analysis of the trial calculation of student learning outcomes to get a score that includes the assessment of working drawings with a score of 81.9%, etiquette assessment with a score of 85%, and mulok assessment with a score of 82.8%. Based on the research results, it can be concluded that the assessment of student learning outcomes instrmen feasible as an instrument of assessment of learning outcomes with the percentage of feasibility validation instrument ratings with an average value of 80%. and assessment of learning outcomes assessment using an instrument with aspects of building construction can score 82.3%, Completed images can score 78.1%, and the thickness of the line can score 85.9%. Then suggestions for this research that the results that have been obtained in this study is not perfect, by because it was expected for future research, should student learning outcomes assessment instrument more detailed discussion of the principal pennskorannya and others with different performance appraisal form

Keywords : Instrument Learning Outcomes Assessment

Published
2016-05-18
Abstract Views: 158
PDF Downloads: 95