HUBUNGAN PENGUASAAN MATEMATIKA DAN FISIKA TERHADAP PENGUASAAN MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA SMK NEGERI DI SURABAYA

  • HARIS PRAJAKA

Abstract

Mekanika Teknik merupakan ilmu utama yang harus dipelajari di program keahlian Teknik Bangunan atau Teknik Sipil. Materi yang ada pada Matematika dan Fisika sangat berkaitan erat dengan materi yang ada pada Mekanika Teknik maka tentu ada keterkaitan antara Penguasaan Matematika dan Fisika terhadap penguasaan Mekanika Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan Matematika dan Fisika terhadap penguasaan Mekanika Teknik pada siswa SMK Negeri di Surabaya.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif korelatif yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi atau data mengenai penguasaan tentang variabel Matematika dan Fisika terhadap Mekanika Teknik sekaligus berusaha menggambarkan hubungan yang terjadi antar variabel. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik bangunan SMK Negeri di wilayah kota Surabaya pada semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 141 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi linier berganda. Alat analisis data yang digunakan adalah program komputer SPSS (Statistical  Package  for  Social  Sciences) versi 17.

Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara penguasaan Matematika dan Fisika secara bersama-sama dengan penguasaan Mekanika Teknik pada siswa SMK Negeri di Surabaya tergolong positif dan signifikan dengan rata-rata koefisien korelasi ganda sebesar 0,785 artinya memiliki tingkat hubungan yang kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasinya sebesar 0,626. Hal ini menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh variabel Matematika (X1) dan Fisika (X2) terhadap variabel Mekanika Teknik (Y) sebesar 62,6% dan sisanya 37,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: matematika, fisika, mekanika teknik.

Engineering Mechanics is a major science to be learned in program expertise Engineering Building or Civil Engineering. The material contained in Mathematics and Physics are intimately associated with the materials on the Engineering Mechanics course there are linkages between the Mastery of Mathematics and Physics of the mastery of Engineering Mechanics. The purpose of this research was to determine the relationship of Mathematics and Physics mastery to Mechanics Engineering mastery at The State Vocational High School students in Surabaya.

This research is classified as descriptive correlative research that is intended to collect information and data on the mastery of the variables of Mathematics and Physics to Engineering Mechanics at the same time trying to describe the relationship between variables. Data collection was performed using the method of documentation. The sample used in this research were students of class X program SMK Negeri engineering expertise building in the city of Surabaya on even semester academic year of 2014/2015 as many as 141 students. Data analysis techniques used were correlation analysis and multiple linear regression analysis. Data analysis tool used is a computer program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) version 17.

Based on the results of the research the relationship between mastery of mathematics and physics together with the mastery of engineering mechanics at the Vocational High School students in Surabaya relatively positively and significantly with an average multiple correlation coefficient of 0.785 means to have a strong relationship level. The determination coefficient value of 0.626. This shows that the percentage contribution of variables influence Mathematics (X1) and Physics (X2) of the Engineering Mechanics variable (Y) amounted to 62.6% and the remaining 37.4% is influenced by other factors.

Keywords: mathematics, physics, engineering mechanics.

Published
2016-05-20
Abstract Views: 206
PDF Downloads: 249