PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN  PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN  HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA  TEKNIK (KELAS X TGB SMKN 1MADIUN)

  • JEVI PRAVITASARI

Abstract

Hasil Survei pada kelas X TGB SMKN 1 Madiun menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik pada tahun ajaran 2014/2015 sebesar 39,39%, artinya siswa belum tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75. Hal tersebut mungkin ada kejenuhan mengajar dengan menggunakan model pembelajaran yang telah dilakukan. Ada satu model pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan berfikir dalam memecahkan masalah adalah model Pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Memperbaiki hasil belajar dengan model pembelajaran problem based learning. (2) Memperbaiki proses pembelajaran siswa dengan model  pembelajaran tersebut. (3) Mengetahui Tanggapan siswa dengan model pembelajaran tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Madiun, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB-1 sejumlah 32 siswa dan siswa kelas X TGB-2 sejumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes hasil belajar siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan kuesioner respon siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. a) Pembelajaran terlaksana dengan sangat baik pada kelas eksperimen selama 4 pertemuan dengan validasi perangkat pembelajran yang memiliki interpretasi sangat valid. b) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Handout cukup besar dengan skor 77,41 (1-100) dari rata-rata 4 pertemuan pada kelas eksperimen. Artinya, siswa merespon positif terhadap penerapan model pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tersebut dengan interprestasi kuat. c) Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Handout, Keterlaksanaan Pembelajaran, Respon Siswa, Hasil Belajar Siswa, Mekanika Teknik.

The result of survey on the class X TGB SMK 1 Madiun show that mastery learning students in the subjects of engineering mechanics in the academic year 2014/2015 amounted to 39.39%, which means that the student has not completed the minimum completeness criteria 75. It is possible there is a surfeit of teaching using learning model that has been done. There is a learning model is expected to develop thinking skills in solving a problem is “Problem Based Learning” model Learning. The purpose of this study is. (1) Fixing learning outcomes learning model of problem-based learning. (2) Improve the process of learning of students with the learning model. (3) Knowing the response of students to the learning model.

This study was an experimental study using type true experimental research. The population in this study are all students of SMK Negeri 1 Madiun, and the samples in this study is students of class X TGB-1 a number of 32 students and class X TGB-2 a number of 30 students. Data collect method is using the documentation method, test student learning result, learning execution sheet and questionnaire responses of students. Data analysis using descriptive analysis techniques.

The result of this research as following. a) the carried out of the lesson showed if it was run well in experiment  class during 4 times meeting with the validate learning equipment that have valid interpretation. b) The student response to the application of learning model Problem Based Learning using Handout amounted to 78.41% of the average from 4 meeting on the experimental class. That is, students respond positively to the learning model application using the Handout with a strong interpretation. c) The study result between experiment class better than control class.

Keywords: Problem Based Learning, Handout, Learning Execution, Student Response, Learning Result, Mechanics Engineering.

Published
2016-05-23
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 69