PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES-TOURNAMENTS (TGT) DENGAN MEDIA MAKET PADA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TGB (SMKN 1 JENANGAN PONOROGO)

  • SHEILA AYU PRATAMA

Abstract

Berdasarkan hasil observasi lapangan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo bahwa siswa kurang memahami pelajaran konstruksi bangunan khususnya struktur-struktur dari bangunan, ini dikarenakan kurangnya media yang digunakan untuk memvisualisasikan materi yang diajarkan serta pembelajaran masih menggunakan metode pembelajaran langsung (MPL). Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket pada pelajaran konstruksi bangunan, Mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket pada pelajaran konstruksi bangunan, Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket pada pelajaran konstruksi bangunan, dan Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket pada pelajaran konstruksi bangunan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2015/2016 di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini  adalah siswa kelas X TGB SMKN 1 Jenangan Ponorogo yang terdiri dari 3 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket dan kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung (MPL). Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar angket respon siswa, lembar observasi/pengamatan, dan lembar tes hasil belajar.

Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan para ahli menunjukkan presentase kelayakan sebesar 83% dengan kualitatif sangat valid. Respon siswa menunjukan persentase sebesar 90% dengan kualitatif baik sekali. Keterlaksanaan pembelajaran menunjukan persentase sebesar 86% dengan kualitatif sangat baik. Hasil belajar siswa kelas eksperimen menghasilkan rata-rata lebih besar daripada kelas kontrol yaitu kelas eksperimen= 84 dan kelas kontrol= 76. Dan Analisis uji hipotesis menghasilkan X²  hitung > X² tabel yaitu 4,93 > 3,841. Dengan demikian maka, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan media maket dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran Teams Games-Tournaments (TGT) dengan media maket dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa lebih senang dalam mengikuti pelajaran, dengan media maket siswa juga dapat memvisualisasikan kontruksi bangunan secara nyata.

Kata kunci: Teams Games-Tournaments (TGT), maket, konstruksi bangunan.

Based on the results of field observations in SMKN 1 Jenangan Ponorogo that students do not understand the lessons of building construction especially the structures of the building, this is because the lack of media are used to visualize the material being taught and learning is still using direct instruction method (MPL). The purpose of this research was to describe the feasibility of the learning device by using Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media in the lessons of building construction, describe the student response after using Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media in the lessons of building construction, describe the materializes study by using Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media in the lessons of building construction, and describe the student learning result after using Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media in the lessons of building construction.

This type of research is Quasi Experimental Design with the research design is Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in the second semester 2015/2016 in SMKN 1 Jenangan Ponorogo. The population in this research is student class X TGB SMKN 1 Jenangan Ponorogo consisting of 3 class while the sample in this research is class X TGB A as an experimental class and class X TGB B as an control class. Experimental class gets treatment the application of Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media and control class gets treatment the application direct instruction method (MPL). The research instrument consisted of a learning device validation sheet, questionnaire student responses sheet, observation sheet, and achievement test sheet.

Feasibility learning device by experts indicate the percentage of the feasibility of 83% with qualitatively very valid. The students response shows the percentage of 90% with qualitative splendidly. The materializes study shows the percentage of 86% with qualitatively very good. The learning result of the student experimental class to produce on average larger than the control class is experimental class="84" and control class="76". And analysis of hypothesis test produce X²  value > X² table yaitu 4,93 > 3,841. Thus there are differences in learning outcoming between experimental class using Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media and control class using direct instruction method (MPL). Teams Games-Tournaments (TGT) learning model with mock-up media can improve student learning outcomes for the students enjoy in following the lessons, with mock-up media students can also visualize the real building construction.

Keywords: Teams Games - Tournaments ( TGT ), mock-up, building construction.

Published
2016-05-25
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 34