PENGEMBANGAN JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK KERJA BATU UNTUK SISWA KELAS XI BBT SMK NEGERI 1 MADIUN

  • ADE TRIANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil uji coba jobsheet pada mata pelajaran praktik kerja batu, dan untuk mendapatkan hasil pengajaran keterampilan yang optimal. Diterapkannya Jobsheet pada mata pelajaran praktik kerja batu dapat secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan Jobsheet sebagai alat atau perangkat pembelajaran yang terarah dan jelas didalamnya sudah terdapat tujuan praktik, bahan dan alat, langkah-langkah pelaksanaan, kesehatan dan keselamatan kerja, serta hasil kerja tersebut agar mempermudah siswa dalam melaksanakan praktik kerja batu. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas XI BBT SMK Negeri 1 Madiun tahun pelajaran 2014/2015.

Metode penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan ujicoba produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi perangkat pembelajaran, jobsheet, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon siswa, dan tes hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang dinyatakan dalam persentase.

Adapun perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan soal kemudian bahan ajar jobsheet, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon siswa dan hasil belajar. Hasil validasi yang telah dilakukan oleh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan dinyatakan layak dengan kriteria persentase 77,23%. Hasil perhitungan rata-rata rating jobsheet dinyatakan layak dengan kriteria persentase 78,6%. Hasil dari perhitungan rata-rata rating keterlaksanaan perangkat pembelajaran dinyatakan cukup dengan kriteria persentase 61,4%. Hasil perhitungan rata-rata rating angket respon siswa dinyatakan pembelajaran layak menggunakan jobsheet dengan kriteria persentase 73,26%. Perhitungan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran praktik kerja batu setelah menggunakan jobsheet dinyatakan baik dengan menunjukkan persentase 78,4%.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan jobsheet yang dikembangkan pada mata pelajaran praktik kerja batu layak digunakan untuk pembelajaran praktik kerja batu di kelas XI BBT SMK Negeri 1 Madiun. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran didalam proses pembelajaran dinyatakan cukup baik begitu juga dengan angket respon siswa dan hasil belajar dinyatakan baik.

Kata Kunci : Pengembangan Jobsheet, Praktik Kerja Batu, Hasil Belajar Siswa.

This study aims to find out the test results on the subjects jobsheet stone working practices, and to get the optimal teaching skills. Jobsheet implementation on the subjects of stone working practices can independently increase and use knowledge so as to improve learning outcomes. The use Jobsheet as a learning tool or focused and clear in it have a purpose practices, materials and tools, implementation steps, health and safety, as well as its efforts in order to facilitate students in carrying out the practice of stone work. Goal of research is a class XI student of SMK Negeri 1 Madiun BBT academic year 2014/2015.

This research method is the kind of research and development or Research and Development (R & D). The stages used in the study of the potential and problems, data collection, product design, design validation, and test products. Collecting data in this study was obtained through the results of the validation study, jobsheet, the implementation of learning tools, student questionnaire responses, and test results were analyzed descriptively studied quantitatively expressed as a percentage.

The learning device used is the syllabus, lesson plan, and then the matter of teaching materials jobsheet, keterlaksanaan learning tools, student questionnaire responses and learning outcomes. The results of the validation has been done by the validator indicates that the learning device that used to be feasible with the criteria of percentage of 77.23%. The result of the calculation of the average rating criteria jobsheet declared eligible by the percentage of 78.6%. The results of the calculation of the average rating enforceability of the learning device is expressed simply by the criteria of percentage of 61.4%. The result of the calculation of the average rating learning student questionnaire responses otherwise be feasible using the criteria jobsheet percentage of 73.26%. Calculation results of student learning in the subjects of stone working practices after using jobsheet expressed either by showing the percentage of 78.4%.

The final conclusion is that the development jobsheet developed on the subjects of decent work practices stone used for stone work practice learning in class XI BBT SMK Negeri 1 Madiun. The implementation of a learning tool in the learning process otherwise quite good as well as the student questionnaire responses and better learning outcomes stated.

Keywords : Jobsheet Development, Job Training Stone, Student Results

Published
2016-06-29
Abstract Views: 207
PDF Downloads: 158