PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO)

  • VIRMAN ADIANSYAH

Abstract

Di era globalisasi banyak sekali media pembelajaran yang berkembang sesuai  dengan kemajuan zaman, salah satunya adalah media pembelajaran Augmented Reality (AR). SMK Negeri 1 Sidoarjo telah menggunakan pengajaran berbasis ICT (Information, Communication ,and Technology) atau biasanya disebut TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) yang artinya sekolah ini sangat mendukung berbagai sarana yang menyangkut tentang IT baik dalam jaringan internet, software, dan hardware yang digunakan.

Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media Augmented Reality (AR). Media Augmented Reality (AR)  adalah sebuah media yang menggabungkan antara dunia maya dan dunia nyata secara real time. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) Mengetahui kelayakan media Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan (GKB) (2) mengetahui pengaruh Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan merupakan quasi eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Teknik Gambar Bangunan 2 sebagai kelas eksperimen.

Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (Separeted Varians). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kelayakan media menunjukkan 90.38% diperoleh dari dosen ahli media dan 76.92% diperoleh dari guru mata pelajaran. Skor rata-rata diperoleh sebesar 83.65%. Dari perolehan skor menunjukkan bahwa media AR layak digunakan sebagai media penelitian. (2) Hasil belajar siswa menggunakan media AR menunjukkan memiliki nilai lebih baik dari hasil belajar tanpa media AR, hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan uji t. Pada perhitungan uji t didapat nilai t hitung sebesar 0.12 dan t tabel sebesar 1.9944, maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya bahwa ada pengaruh media Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar konstruksi bangunan pada siswa kelas X teknik gambar bangunan di SMKN 1 Sidoarjo.

Kata Kunci: Augmented Reality, Gambar Konstruksi Bangunan, Media.

In this globalization, a lot of media that develop in accordance is the medium of learning Augmented Reality (AR). SMKN 1 Sidoarjo have used the teaching based on ICT (Information, Communication, and Technology) or usually called ICT (Technology, Information and Communication), which means the school is very supportive of the various means by which concerns about IT both in the Internet, software, and hardware.

Media used in this research is media Augmented Reality (AR). Augmented Reality (AR) media is a medium that combines a virtual world and a real world in real time. A research purpose to: (1) Determine a feasibility of Augmented Reality (AR) media on the subjects of building construction (2) the effect of Augmented Reality (AR) to the learning outcomes construction in class X Building Drawing Technique (BDT) in SMKN 1 Sidoarjo. The method used quasi-experimental. Subjects in this research were students of class X Building Drawing Technique 1 as the control class and class X Building Drawing Technique 2 as an experimental class.

Data analyze in this research using t test (Separeted Variance). The results of this research are: (1) the feasibility media showed 90.38% was obtained from lecturers media expert and 76.92% was obtained from subject teachers, the mean score of 83.65%. The scores obtained shows that the AR media fit for use as a media research. (2) The results of student learning using AR media showed better learning results without AR media, it is evidenced by the t test calculation. In the calculation of the t test obtained t value at 0.12 and t table of 1.9944. Then a corresponding basis for decision making in the t test can be concluded that Ho rejected and Ha is received, which means that there is the influence of media Augmented Reality (AR) to the learning outcomes of Building construction in class X Building Drawing Technique in SMKN 1 Sidoarjo.

Keywords: Augmented Reality, Building Drawing Construction, Media.

Published
2016-08-04
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 111