PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PRAKTIK PEMASANGAN BATU ALAM SISWA KELAS XI KBB DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • RATIH KARDINI RACHMAWATI

Abstract

Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek bertujuan sebagai sarana penyampaian materi praktik kepada siswa dan dapat membantu meningkatkan kompetensi keterampilan praktik yang diinginkan. Metode pembelajaran berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai metode pembelajaran dan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasi pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran berbasis proyek lebih menekankan pada kegiatan belajar yang relatif berdurasi panjang, holistik-interdisipliner, berpusat pada pembelajar, dan terintegrasi dengan praktik dan isu-isu dunia nyata. Pelaksanaan praktik pemasangan batu alam dipilih sebagai materi karena batu alam kini banyak diminati sebagai material finishing bangunan namun pemasangannya terbilang cukup rumit maka tidak semua tukang memiliki keterampilan tersebut. Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan mampu menjadi sarana penyampaian materi praktik pemasangan batu alam pada siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan hasil pengamatan terhadap pelaksanaan praktik pemasangan batu alam siswa kelas XI KBB di SMK Negeri 7 Surabaya dengan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, jenis pre-experiment dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI KBB SMK Negeri 7 Surabaya dengan jumlah 31 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengamatan dan pelaksanaan praktik. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan soal praktik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis hasil pengamatan pelaksanaan praktik dan teknik analisis pengamatan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. 

Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran berbasis proyek terdiri dari hasil pengamatan pelaksanaan praktik memiliki ketuntasan klasikal dengan persentase 75,00%. Hasil pengamatan pelaksanaan praktik setelah dianalisis menggunakan uji hipotesis uji t satu pihak kanan diperoleh thitung =3,598 dengan ttabel=1,714 dengan derajat kebebasan sebesar 5% (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar praktik pemasangan batu alam siswa kelas XI KBB di SMK Negeri 7 Surabaya dengan penerapan metode pembelajaran berbasis proyek adalah lebih besar dari KKM 70. Hasil keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk kegiatan mengajar guru sebesar 86% termasuk ke dalam kategori baik dan kegiatan belajar siswa sebesar 83% termasuk ke dalam kategori baik.

Kata kunci : Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Pelaksanaan Praktik, dan Pemasangan Batu Alam.

The implementation of project-based learning methods aimed to be a facilities for delivery of material practices to students and can help increase the competency practices skills that desired. The project-based learning method is a learning methods that uses project or activity as a method of learning and using it as matter as first steps in collecting and integration of  new knowledge based on his experiences in consume in a tangible manner. Project-based learning more emphasis on learning activities relatively lasts long, holistic-interdisipliner, centered on learner , integrated with practices and issues the real world. The practice of the natural stone instalation chosen as matter because natural stone now many favorite as finishing building material but installment  is quite complicated will not all the craftsmen have these skills. The implementation of  project-based learning methods is expected to be a matter of delivery are quite complicated to students. The purpose of this research is to knowing learning feasibility and observations on practice of natural stone instalation students graders XI KBB SMK Negeri 7 Surabaya with the implementation of project-based learning methods.

The research is experiment research, type pre-experiment by design one-shot case study .The subject of this study is a student XI KBB SMK Negeri 7 surabaya of 31 students. The implementation of this research is written in first semester 2016-2017 year lesson. Collection data techniques in this research uses the observation and the practice. An instrument used is sheets observation learning feasibility and practices task. Analysis data techniques using analysis techniques sheets observation the practices and analysis techniques sheets observation learning feasibility activities.

The results of research implementation of project-based learning method consists of the results of observations implementation practices having classical exhaustivenes with the percentage 75,00%. The result of observation the implementation of the practices after analyzed use the hypothesis test t test one hand right obtained t count = 3,598 and t table = 1,714 with degree of freedom to 5 % ( 0.05 ), so Ho were rejected and Ha accepted, so that it can be concluded that  results assessment  practices of natural stone installation students XI KBB in SMK Negeri 7 Surabaya with implementation of project-based learning method is greater than kkm 70.  The result of learning feasibility activities for the teaching  of teachers is 86% included in good category and activities of student learning is 83% included in good category. 

Keywords : Project-based learning method, Result for practices, Natural stone installation

Published
2017-01-13
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 61