PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) MENGGUNAKAN MAKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BATU DI KELAS XI TKBB SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • MOCH. ROMLI

Abstract

Penerapan model  pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK) menggunakan maket bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi batu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap  yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKBB yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri lembar pengamatan, dan lembar tes hasil belajar. Tahap perencanaan melakukan validasi maket dan RPP sebagai persyaratan dilakukan pembelajaran.

Hasil validasi maket memperoleh prosentase 86,67% termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil kelayakan RPP memperoleh 86,32% termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil pengamatan pelaksanaan guru memperoleh prosentase 76,92% pada siklus I termasuk dalam kategori baik setelah dilakukan refleksi menjadi 89,42% pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik, pengamatan aktivitas belajar siswa memperoleh prosentase 73,61% pada siklus I termasuk dalam kategori baik setelah dilakukan refleksi menjadi 87,50% pada siklus II termasuk dalam kategori sangat baik, hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 83 dengan ketuntasan sebesar 78,57% kemudian pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 89 dengan ketuntasan belajar sebesar 85,71%.

Kata Kunci: Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), Hasil Belajar, Konstruksi Batu.

Abstract

The application of learning model visualization, auditory, kinestethic (VAK) using maket aims to improve study results students on subjects masonry construction.

The research is research action classroom of two cycle, every cycle consisting of four steps in the planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this study is a student xi tkbb amounting to 28 students. Research instruments used consisting sheets observation , and sheets of tests study results. The planning stages do validation maket and lesson plans as a requirement done learning.

The results of validation maket obtain prosentase 86,67% included in a category very reasonable, and the outcome of the feasibility of lesson plans obtain 86,32% included in a category very reasonable. The result of the observation the implementation of teachers obtain prosentase 76,92% in the cycle I included in a category after enjoying done reflection become 89,42% in the cycle II included in a category very good, learning activities observation students obtain prosentase 73.61% in the cycle I included in a category after enjoying done reflection become 87,50% in the cycle II included in a category very good, learning outcomes students on the cycle I obtain an average of 83 with exhaustiveness of 78,57% then in the cycle II there was a rise in average of 89 with exhaustiveness learn as much as 85,71%.

Keywords: Visualization, Auditory, Kinestethic (VAK), Learning Outcomes, Masonry Construction.

Published
2017-04-25
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 41