PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL 3 DIMENSI PADA KOMPETENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN PEMBUATAN SAMBUNGAN DAN HUBUNGAN KAYU DI SMKN 1 KEDIRI

  • TOMY SAGITA FAJAR SUGIARTO

Abstract

Perkembangan teknologi seperti sekarang sudah sangat maju dan guru dituntut untuk membuat pembelajaran agar tidak membosankan. Media visual 3 Dimensi ini dapat di manfaatkan oleh guru untuk mengatasi kebosanan siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1)mengetahui kelayakan media visual 3 dimensi; (2)Mengetahui keterlaksanan pembelajaran; (3)Mengetahui hasil belajar siswa; (4)Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan (research and development) langkah 1-6.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa (1)Kelayakan media pembelajaran mendapatkan rata-rata 84% oleh ahli media dan 81% oleh ahli materi dan berada dalam kategori Sangat Layak; (2) Keterlaksanaan pembelajaran mendapat nilai rata-rata presentase 84% dan berada dalam kategori Baik; (3)Hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata presentase 76,84 dan berada dalam kategori Baik; (4)Respon peserta didik mendapatkan presentase nilai rata-rata 88% dan memasuki kategori Sangat Menarik.

Kata Kunci: Media Visual 3 dimensi, Research and Development, Hasil belajar siswa.

Abstract

The development of such technologies is now highly developed and teachers are required to make the learning not to boring. This visual media 3 dimensional can take advantage of by teachers to cope with the boredom of students. The purpose of this research is: (1) find out the feasibility of visual media 3 dimensional; (2) Knowing the learning keterlaksanan; (3) Find out the results of student learning; (4) Knowing the student response against the media of instruction. The type of research that is carried out is research development (research and development) step 1-6.

The results obtained indicate that (1) the feasibility of the learning media getting average 84% by media experts and 81% by material and is in the category of very decent; (2) Keterlaksanaan learning gets a percentage of the average value of 84% and is in the category either; (3) Learning outcomes students get value the average percentage of the 76.84 and is in the category either; (4) The response of the learners get a percentage of the average value of 88% and entering a very interesting category.

Keywords: 3 Dimensions visual media, Research and Development, Student learning outcomes.

Published
2017-07-25
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 196