PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMKN 1 SITUBONDO

  • TAUFIK AINURROHMAN

Abstract

Penerapan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah  hanya 30% hasil belajar siswa yang dapat mencapai ketuntasan minimal pada mata pelajaran mekanika teknik. Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan menggunakan metode tutor sebaya bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMKN 1 Situbondo yang berjumlah 31 siswa. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) fase latihan terkontrol menggunakan metode tutor sebaya. Sebelum penelitian dilaksanakan, siswa merespon pembelajaran sebelumnya. Setelah penelitian dilaksanakan, siswa merespon pembelajaran yang sudah diterapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 67,20 dengan 16 siswa tuntas atau sebesar 55,17% siswa tuntas, siklus II memperoleh rata-rata nilai 72,93 dengan 18 siswa tuntas atau sebesar 62,07% siswa tuntas, dan siklus III memperoleh rata-rata nilai 79,20 dengan 22 siswa tuntas atau sebesar 75,86% siswa tuntas, semakin meningkat dari setiap siklusnya. Keterlaksanaan guru mengajar siklus I memiliki rata-rata skor 0,7 atau sebesar 70% aspek yang telah dilaksanakan, siklus II memiliki rata-rata skor 0,8 atau sebesar 80% aspek yang telah dilaksanakan, siklus III memiliki rata-rata skor 0,93 atau sebesar 93,3 % aspek yang telah dilaksanakan, semakin meningkat dari setiap siklusnya. Respon siswa terhadap pembelajaran sebelumnya adalah sebesar 69,60% dengan kategori baik. Respon siswa setelah diberi tindakan adalah sebesar 77,50% dengan kategori baik.

Kata Kunci: Missouri Mathematic Project (MMP), Tutor Sebaya, Mekanika Teknik.

Abstract

The application of direct learning model with lecture method is only 30% student learning outcomes that achieve minimal mastery on the subjects of mechanical engineering. The application of learning model of Missouri Mathematics Project (MMP) by using peer tutor method aims to improve student learning outcomes on the subjects of mechanical engineering.

This study is a classroom action research consisting of three cycles. The subjects of this study are students of class X TGB SMKN 1 Situbondo, amounting to 31 students. The Missouri Mathematics Project (MMP) learning model is a controlled exercise phase using peer tutoring methods. Before the research is done, students respond to previous learning. After the research is done, the students respond to the learning that has been applied.

The results showed that, the students learning outcomes cycle I obtained an average score of 67,20 with 16 students complete or 55,17% of students complete, cycle II obtained an average score of 72,93 with 18 students complete or equal to 62,07% students complete, and cycle III obtained an average score of 79,20 with 22 students complete or 75,86% of students complete, increasing from each cycle. Teachers teaching cycle I has an average score of 0,7 or 70% aspect has been implemented, cycle II has an average score of 0,8 or 80% of aspects that have been implemented, cycle III has an average score of 0,93 or 93,3% of the aspects that have been implemented, are increasing from each cycle. Student response to previous learning is equal to 69,60% with good category. Student response after given the action is 77,50% with good category.

Keywords: Missouri Mathematics Project  (MMP), Peer Tutoring, Engineering Mechanic.

Published
2018-02-09
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 68