PENGARUH PENAMBAHAN KAPUR GAMPING MADURA PADA TANAH MERAH DI DAERAH BANGKALAN TERHADAP NILAI CALIFORNIA BEARING  RATIO (CBR)

  • FAJAR HIDAYAT

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan kapur gamping terhadap nilai CBR pada tanah merah, dengan adanya stabilisasi kimiawi, maka pelaksanaan pembangunan kontruksi jalan (subgrade) yang terjadi kerusakan, pada saat menahan beban lalu lintas yang akan diterima dapat diperbaiki menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu peneliti termotivasi untuk melakukan penelitian ini.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di laboratorium dengan cara membuat campuran tanah merah dengan kapur gamping Madura dengan berbagai variasi campuran kapur yaitu : 0%, 2%, 4%, 6% dan 8%. Penelitian ini dilakukan test atterberg, yaitu  test batas cair (LL) dan batas plastis (PL), dari  nilai tersebut akan diketahui nilai indeks plastisitasnya (IP). Kemudian kondisi kadar air pada tanah yang digunakan adalah kadar air optimum dari hasil Standart Proctor Test. Jumlah benda uji adalah 5 (lima) buah yang terdiri beberapa campuran kapur tersebut di atas. Selanjutnya, semua contoh benda uji (tanah) mendapatkan perlakuan yang sama sebelum di test perkerasan jalan dengan alat California Bearing Ratio tanpa rendaman (CBR unsoaked).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar penambahan kapur gamping pada tanah merah nilai CBR unsoaked semakin tinggi. Besarnya nilai CBR pada tanah merah asli penetrasi 0.1” (2.86%), penetrasi 0.2” (2.49%), tanah merah + kapur gamping 2% penetrasi 0.1” (3.08%), penetrasi 0.2” (2.65%), tanah merah + kapur gamping 4% penetrasi 0.1” (5.19%), penetrasi 0.2” (4.42%), tanah merah + kapur gamping 6% penetrasi 0.1” (14.97%), penetrasi 0.2” (13.48%) dan tanah merah + kapur gamping 8% penetrasi 0.1” (26.19%), penetrasi 0.2” (25.35%). Batas minimum untuk memenuhi persyaratan subgrade (CBR 4%) dibutuhkan penambahan kapur gamping 3,7% dari tanah kering.

 

Kata kunci : Tanah Merah, Penambahan Kapur Gamping, California Bearing Ratio (CBR). 

 

 

ABSTRACT

 

This research was conducted to find out how big the influence addition of limestone of CBR on the red soil, with the chemical stabilization, then execution of the road construction development (subgrade) that there is damage, when the weight of traffic that will be accepted can be improved to better. Researchers there fore motivated to do this research.

This research is conducted in a laboratory experiment by making a mixture of redsoil with limestone Madura with a variety mixture of lime are: 0%, 2%, 4%, 6% and 8%. The research was conducted Atterberg test, a test liquid limit (LL) and plastic limit (PL), of the value will be known value of plasticity index (IP). Then the condition ofthe water content of the soil used is the optimum moisture content from the Standard Proctor Test. The number of specimens is 5 (five) pieces comprising multiple chalk mixture of the above. Furthermore, all examples of the test object (ground) to get the same treatment before the test pavement with a California Bearing Ratio without curing (unsoaked CBR).

The results showed that larger the addition of limestone on red soil values higher CBR unsoaked, the magnitude of the value red soil on original CBR penetration 0.1” (2.86%), penetration 0.2” (2.49%), the red soil + limestone 2% penetration 0.1” (3.08%), penetration 0.2” (2.65%), the red soil + limestone 4% penetration 0.1” (5.19%), penetration 0.2” (4.42%), the red soil + limestone 6% penetration 0.1” (14.97%), penetration 0.2” (13.48%) and the red soil + limestone 8% penetration 0.1” (26.19%), penetration 0.2” (25.35%). To meet minimum requirements of subgrade (CBR 4%) required addition of limestone 3.7% the dry soil.

 

Keywords: Red soil,  Addition Limestone, California Bearing Ratio (CBR).

Published
2013-05-21
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 119