PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COURSELAB PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TKBB DI SMKN 3 SURABAYA

  • AINUR RIZKA
  • MACHFUD RIDWAN

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COURSELAB PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TKBB DI SMKN 3 SURABAYA

Ainur Rizka

Mahasiswa S1-Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Email : ariezziera049@gmail.com

Drs. Machfud Ridwan, MT.

Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya

Abstrak

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan formal yang bertujuan mempersiapkan siswa menguasai keterampilan sesuai bidang keahlian yang dipilih. Teknik Kontruksi Batu Beton (TKBB) merupakan salah satu kompetensi keahlian pada SMK. Kompetensi keahlian TKBB terdapat mata pelajaran konstruksi bangunan yang merupakan mata pelajaran produktif yang mempelajari mengenai teori dan pengertian, jenis dan klasifikasi bahan bangunan, jenis dan fungsi bangunan, dan macam-macam pekerjaan bangunan. Pada saat observasi kegiatan belajar mengajar siswa merasa kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran dan masih berpikir abstrak dari beberapa pekerjaan utilitas pada bangunan karena tidak adanya contoh visual berupa bentuk asli ataupun bentuk animasi dari macam pekerjaan utilitas pada bangunan. Guru memberikan penjelasan materi pelajaran kepada siswa dengan metode ceramah dan siswa mencatat materi. Media yang dipakai dalam kegiatan belajar mengajar masih konvensional.

Sementara sumber belajar siswa pada saat kegiatan belajar mengajar konstruksi bangunan di SMKN 3 Surabaya yaitu guru sebagai sumber belajar utama memberikan materi pelajaran di kelas dan siswa mencatat materi pelajaran pada buku catatan.

Media pembelajaran yang digunakan menggunakan program courselab, dengan maksud memudahkan dalam proses belajar mengajar dengan maksud memudahkan guru menjelaskan materi serta memudahkan siswa menerima materi serta menumbuhkan minat dan motivasi dalam belajar untuk mengetahui hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media menggunakan program courselab, keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan program courselab, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan program courselab, dan mengetahui hasil belajar siswa setelah menerima mata pelajaran konstruksi bangunan dengan program courselab.

Penulisan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan courselab pada mata pelajaran konstruksi bangunan. Tahapannya hanya sampai tahap ujicoba produk. Tahap pengujian produk dilakukan melalui uji coba kepada 30 siswa kelas X TKBB di SMKN 3 Surabaya.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa media pembelajaran menggunakan courselab yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan persentase 82,06%. Analisis keterlaksanaan pembela­jaran bagi guru pertemuan 1 menghasilkan persentase 82,22% berkategori sangat baik. Analisis keterlaksanaan pem­belajaran bagi guru pertemuan 2 menunjukkan persentase sebesar 84,44% berkategori sangat baik. Analisis keterlaksanaan pem­belajaran bagi siswa pertemuan 1 menghasilkan persentase 80,83% berkategori baik. Analisis keterlaksa­naan pembelajaran bagi siswa pertemuan 2 persentase sebesar 80,74% berkategori baik. Analisis respon siswa menunjukkan persentase sebesar 80,97% berkategori baik. Hasil belajar siswa menunjukkan sebagian besar telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta didapatkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 80,76.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Courselab, Konstruksi Bangunan.

ABSTRACT

Vocational High School (VHS) is a formal educational institution that aims to prepare students to master skills in the field of expertise selected. Concrete Construction Engineering (CCE) is one of the competence of expertise in SMK. The competence of CCEs expertise is the subject of building construction which is a productive learning subject on theory and understanding, type and classification of building materials, building type and function, and various building works. At the time of observation of teaching and learning activities students feel difficult to study subjects and still think abstractly of some utility work on the building because of the absence of visual samples in the form of original or animated forms of utility work on buildings. Teacher gives explanation of subject matter to student by method of lecturing and student recording material. The media used in teaching and learning activities is still conventional.

While the source of student learning during the teaching and learning activities of building construction at SMKN 3 Surabaya is the teacher as the main learning source to provide the subject matter in the classroom and students record the subject matter on the notebook.

Learning media used byprogram courselab, with the intention of facilitating the process of teaching and learning with the intention of facilitating teachers to explain the material and facilitate students receive the material and foster interest and motivation in learning to know the results of learning. The purpose of this study is to know the feasibility of media using program courselab, the implementation of learning by usingprogram courselab, to know the students response to instructional media usingprogram courselab, and to know the result of student learning after receiving the subject of building construction withprogram courselab.

This writing is the result of research and development or Research and Development (R & D) is the development of learning media using courselab on the subject of building construction. The stages are only up to the test phase of the product. The product testing phase was conducted through trials to 30 students of class X TKBB at SMKN 3 Surabaya.

Based on the results of analysis and discussion of research results obtained the result that the media learning using courselab developed very feasible use with percentage 82.06%. Analysis of the implementation of learning for teachers meeting 1 generates 82.22% percentage categorized very well. Analysis of the implementation of learning for teachers meeting 2 shows the percentage of 84.44% categorized very well. Analysis of the implementation of learning for students meeting 1 to produce a percentage of 80.83% categorized well. Analysis of learning implementation for students meeting 2 percentage of 80,74% good categorized. Analysis of student response shows the percentage of 80.97% categorized well. Student learning outcomes show that most have met the Minimum Exhaustiveness Criteria (MEC) as well as got the overall average value of 80.76.

Keywords: Development of Learning Media, Courselab, Building construction.


Published
2018-07-24
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 53