PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA DIKLAT TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KEMLAGI MOJOKERTO

  • TITIAN MUSTIKA WENING

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian ini karena proses pembelajaran di sekolah yang bersifat konvensional, (teacher centered). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan penerapan CTL di SMK Negeri 1 Kemlagi, (2) untuk mengetahui kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan CTL di kelas XI TGB SMKN 1 Kemlagi, (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran CTL.

Penelitianini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi.Penelitian dilakukan pada semester Gasal 2012/2013. Sasaran penelitian yaitu kelas XI SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto mata diklat teknik gambar bangunan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kinerja  psikomotor proses siswa meningkat 65,38%  menjadi  76,9%. Hasil kinerja psikomotor produk meningkat 57,69% menjadi  76%. Hasil pengamatan afektif siswa perilaku berkarakter mengalami peningkatan dari kualifikasi cukup menjadi baik. Hasil pengamatan afektif siswa keterampilan sosial juga mengalami peningkatan dari kualifikasi cukup menjadi baik. Kemampuan guru mengajar  juga meningkat dari 2,58 (cukup) menjadi 2,73 (baik) dalam skala 1-4. Sejumlah 75% siswa menyatakan bahwa siswa memiliki ketertarikan terhadap penerapan pembelajaran CTL.

 

Kata kunci :penerapan CTL, peningkatan hasil belajar, respon siswa, kemampuan guru mengajar

 

ABSTRACT

                                                                                                                                  

The background of this research because of the learning process in schools that are conventional, (teacher centered). The purpose of this study was (1) to determine the improvement of learning outcomes by using CTL application in SMK Negeri 1 Kemlagi, (2) to determine the ability of the teacher to manage learning by applying CTL in class XI TGB Kemlagi SMK 1, (3) to determine students' responses CTL towards learning.

This research is a classroom action research (CAR), which is performed by 2 cycles, each cycle consisting of three meetings which consists of four phases: Planning, Implementation of action, observation and reflection. The study was conducted at the Odd semester of 2012/2013. Research goals is class XI SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto eye image building training techniques.

Results of this study showed that the results of the students' psychomotor performance increased 65.38% to 76.9%. Results psychomotor performance products increased 57.69% to 76%. Observations affective behaviors characteristic of students has increased from qualification to be good enough. Observations affective social skills of students also increased from qualified enough to be good. The ability of teachers to teach also increased from 2.58 (enough) to 2.73 (good) in a 1-4 scale. A total of 75% of students stated that students have an interest in learning the application of CTL.

 

Keywords: application of CTL, increase learning outcomes, student responses, the ability of teachers to teach.

Published
2013-05-29
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 40