PENGGUNAAN MEDIA MINIATUR INSTALASI GEDUNG (RUMAH TINGGAL BERTINGKAT) DENGAN METODE DRILL AND PRACTICE PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

  • DODI TRI LAKSONO
  • KRISNA DWI HANDAYANI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata – rata hasil belajar setelah menggunakan Media Miniatur Instalasi Gedung (Rumah Tinggal Bertingkat) dengan Metode Drill and Practice.

Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB I dan XI DPIB II SMK Negeri 3 Surabaya, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI DPIB I dengan jumlah 33 siswa. Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes berupa pemberian tes menggambar untuk mendapatkan hasil belajar.

Hasil uji hipotesis hasil belajar menghasilkan nilai t hitung > nilai t tabel, yaitu 3,513 > 1,693; yang berarti H0 ditolak sedangkan Ha diterima, artinya rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan Media Miniatur dengan Metode Drill And Practice lebih besar dari KKM (>) dari 78 dan tergolong dalam kriteria Baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dengan Media Miniatur Instalasi Gedung yang sudah tervalidasi dengan hasil Sangat Valid dan penekanan Metode Drill And Practice dalam proses belajar mengajar dapat memberikan hasil belajar siswa yang baik dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Kata kunci: Metode Pembelajaran, Drill and Practice, Media Miniatur Instalasi Gedung, Menggambar dengan Aplikasi Perangkat Lunak

ABSTRACT

This study aims to determine the average learning outcomes after using Building Installation Miniature Media (Multi-storey Houses) with Drill and Practice Method.

The type of research using Pre-Experimental Design with One-Shot Case Study research design. The population in this study were students of class XI DPIB I and XI DPIB II of SMK Negeri 3 Surabaya, while the sample in this study was class XI DPIB I with a total of 33 students. The sampling technique using Purposive Sampling. Data collection uses a test method in the from giving a drawing test to get learning outcomes.

The result hypothesis test for the average learning outcomes yields a value of t count > t table value, which is 3,513> 1,693; then H0 was rejected and Ha was accepted, meaning that the average student learning outcomes after using miniature media with the drill and practice method is greater than KKM (>) of 78. Based on these results it can be concluded that the Building Installation Miniature Media that has been validated with Very Valid results and emphasis on the Drill and Practice Method in the teaching and learning process can provide good learning outcomes and achieved were also better than standard minimum completeness criteria (KKM).

Keywords: Learning Methods, Drill and Practice, Building Installation Miniature Media, DrawingSoftware

Published
2019-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 171