PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL ANTARA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DAN TANPA LKPD PADA SISWA KELAS X DPIB

  • Hendra Setyawan S1 Pendidikan Bangunan

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknik Pengukuran Tanah, para siswa kurang mendapatkan latihan-latihan yang dibutuhkan untuk memperdalam pemahaman tentang materi yang diajarkan. LKPD dapat diartikan sebagai suatu bahan ajar dimana didalamnya terdapat berbagai informasi dan juga Latihan soal untuk meingkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan pembelajaran serta (2) perbedaan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Design Group. Ada lima proses tahapan untuk melaksanakan penelitian ini, yaitu: (1) proses pembentukan instrumen, (2) validasi perangkat pembelajaran, (3) proses pelaksanaan penelitian, (4) post-test hasil belajar, dan (5) proses menganalisis hasil belajar.

Setelah penelitian dilakukan terdapat beberapa temuan antara lain yaitu: (1) persentase dari hasil keterlaksanaan pembelajaran di pertemuan pertama 89,3% kemudian pada pertemuan kedua 94,5%. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelaran di pertemuan pertama dan kedua sebesar 90,47%, angka tersebut digolongkan sebagai kategori sangat baik. (2) rerata nilai peserta didik kelas X DPIB 1 adalah 82,083, Adapun kelas control yaitu X DPIB 2 sebesar 79,611. Nilai thitung diperoleh sebesar 2,017 dan ttable diperoleh sebesar 1,994. Sehinggua thitung > ttabel, hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan dari hasil belajar peserta didik dalam penggunaan LKPD dan tanpa LKPD dalam pelaksanaan model pembelajaran langsung menggunakan media video tutorial pada kompetensi dasar menerapkan Teknik pengopersian alat sipat datar di kelas X DPIB SMKN 2 Surabaya.

Published
2021-03-04
Section
Articles
Abstract Views: 356
PDF Downloads: 239