PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN EDU-GAME MONOPOLY PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN SMKN 1 SIDOARJO

  • SANDRE FAIZALIAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran edu-game monopoly, hasil belajar siswa serta respon siswa terhadap media. Media edu-game monopoly adalah media pembelajaran siswa kelas X TGB1 jurusan bangunan SMKN 1 Sidoarjo periode tahun ajaran 2012/2013 pada materi memahami bahan bangunan.

Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Fungsi pretest adalah menguji kemampuan awal siswa dan membagi kelompok belajar. Posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media edu-game monopoly. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. 

Nilai kelayakan media edu-game monopoly dan perangkat pembelajarannya adalah 80,25% termasuk kategori layak digunakan. Hasil belajar siswa menunjukan bahwa kelas X TGB1 mendapatkan rata- rata nilai posttest pada KD2 mendeskripsikan bahan bangunan batu dan beton sebesar 82,72 dengan thitung sebesar 5,65, nilai rata-rata pada posttest KD3 mendeskripsikan bahan bangunan baja sebesar 83,86 dengan thitung sebesar 5,73. Nilai t(0,05=n-1) = 2,042 dengan derajat kebebasan 5%. Hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran edu-game monopoly sebesar 74,9% termasuk kategori baik.

 

Kata kunci : Media pembelajaran, Edu-Game Monopoly, Research and Development (R&D).

 

 

ABSTRACT 

 

This research is intended to know about media edu-game monopoly’s proper then get study result of the students and their respon about that. Media edu-game monopoly is a student learning media of X TGB1 class building department SMKN 1 Sidoarjo 2012/2013 period on understanding building material.

Research type here is descriptive research with quantitative approach. Research method here is Research and Development (R&D). Research design here is One Group Pretest-Posttest Design. The pretest function is testing students first skill and divide into learning group. Posttest is using to know students learning result after learn with media edu-game monopoly. Hypothesis testing using t test.

Validity grade of media edu-game monopoly with all learning part is 80,25% categorized well to use. Students study result of  X TGB1 class get a overall posttest grade in KD2 description of stone and concrete building material is 82,72 with ttest is 5,65, overall posttest grade in KD3 description of steel building material is 83,86 with ttest is 5,73. Grade of t(0,05=n-1) = 2,042 with 5% freedom degree. Students learning poll response to edu-game monopoly media is 74,9 % categorized as well.

 

Keywords : Learning Media, Edu-Game Monopoly, Research and Development (R&D).

Published
2013-08-26
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 29