MOTIVASI BERPRESTASI TIM BOLABASKET PUTRA SMAN 16 SURABAYA MENJELANG TURNAMENT DBL 2012 ANTAR SMA SE JAWA TIMUR

  • ASEP KURNIA ARDIANTO

Abstract

Agung Widi W, Dr. Ivo Haridito, M.S

Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya

 

Abstrak

 

Bola Basket merupakan salah satu cabang olah raga yang cukup digemari oleh masyarakat mulai dari kalangan umum hingga pelajar. Hal itu terbukti dengan banyaknya turnamen-turnamen yang diadakan baik tingkat daerah, regional maupun nasional, sehingga tercipta sebuah prestasi. Dalam dunia prestasi olahraga atlet ada empat faktor pendukung salah satunya yaitu mental, khususnya motivasi berprestasi.

 

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui tinggi rendahnya dan peranan motivasi berprestasi tim Bola basket. Sehingga dapat digunakan sebagai pengembangan di dunia prestasi olahraga. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam motivasi berprestasi tim Bola basket cowok SMAN 16 Surabaya. Subyek penelitian yaitu pemain Bola basket bejumlah 12 pemain yang ikut serta dalam turnamen DBL 2012. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket tertutup yang berisi tentang pernyataan motivasi berprestasi David McCleand. Dengan teknik analsis yitu analisis deskriptif.

 

Hasil penelitian yang diperoleh dari 12 responden yaitu durasi latihan 88,89%, frekuensi latihan 87,50%, persistensi atau ketekunan pada kegiatan 89,59%, pengorbanan untuk mencapai tujuan 97,92%, arah sikap terhadap sasaran kegiatan 88,50%, tingkat aspirasi yang hendak dicapai dengan kegiatan yang dilakukan 87,50%, ketabahan dan kemampuan dalam menghadapi kesulitan 89,58%, Tingkat kualifikasi prestasi/ produk (output) yang di capai dari kegiatan yang di lakukan 90,00%. Dari analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tim bola basket mempunyai motivasi berprestasi tinggi untuk indikator pengorbanan untuk mencapai tujuan, dan motivasi sedang untuk indikator frekunsi latihan dan Tingkat aspirasi yang hendak di capai dengan kegiatan yang di lakukan. Dengan rata-rata motivasi berprestasi yang tinggi dan banyaknya prestasi yang didapat oleh tim Bola basket SMAN 16 Surabaya artinya motifasi memiliki peranan penting terhadap motivasi berprestasi.

 

Kata Kunci: Bola basket, motivasi berprestasi

Published
2013-05-07
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 19