MOTIVASI ORANG TUA YANG MEMPARTISIPASIKAN PUTRA DAN PUTRI BERLATIH DI GLADIATOR ATLETIK KLUB GRESIK

  • AZIZI ALVIANINGRUM
  • PUDJIJUNIARTO

Abstract

Orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki prestasi baik itu akademik maupun non akademik. Para orang tua juga pasti menginginkan putra/putrinya ikut dan berprestasi menjadi seorang atlet nasional maupun internasional. Seperti halnya di Gladiator Atletik klub Gresik, masih banyak orang tua yang menemani putra/putinya berlatih hingga malam hari. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi orang tua yang mempartisipasikan putra dan putri berlatih di Gladiator Atletik Klub Gresik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik lalu di ubah menjadi persentase. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup. Subjek penelitian yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 30 orang tua yang mempartisipasikan putra putrinya berlatih di Gladiator Atletik Klub Gresik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi orang tua yang mempartisipasikan putra dan putri berlatih di Gladiator Atletik Klub Gresik tergolong sedang dengan total persentase sebesar 36.7%. Dimana faktor intrinsik lebih mendominan yakni sebesar 63.7%, sedangkan untuk faktor ekstrinsik mengahasilkan persentase sebesar 36.3%. Jadi dapat disimpulkan jika motivasi orang tua yang mempartisipasikan putra dan putri berlatih di Gladiator Atletik Klub Gresik tergolong sedang.

Kata kunci: Motivasi, Orang Tua, Atletik.

Published
2020-05-20
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 78