KORELASI MANAJEMEN DENGAN PRESTASI EKSTRAKURIKULER (Studi di MTsN Kandat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri)

  • M. ZAENAL ABIDIN

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler olahraga disekolah dapat mengembangkan aktivitas jasmani dan dapat mengembangkan bakat dan minat siswa  dalam olahraga sampai ke jenjang prestasi non akademik. Tetapi dalam pencapaian prestasi non akademik atau prestasi ekstrakurikuler disekolah tidak lepas dari peranan suatu manajemen yang jelas diantaranya yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari korelasi manajemen dengan prestasi ekstrakurikuler di MTsN Kandat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dengan menggunakan populasi seluruh kegiatan ekstrakurikuler yang ada yaitu: beladiri jiu-jitsu, bulu tangkis, voli dan sepak bola.

Untuk data dari variabel manajemen pada penelitian ini diambil dari nilai hasil angket yang diberikan dan diisi oleh setiap pelatih ekstrakurikuler yang ada di MTsn Kandat Kabupaten Kediri. Pengisian angket diisi untuk mengetahui kriteria nilai manajemen ekstrakurikuler yang ada di MTsN Kandat Kabupaten Kediri. Sedangkan dari variabel prestasi ekstrakurikuler peneliti mengambil dan merekap dari hasil prestasi ekstrakurikuler dalam suatu pertandingan resmi dari tahun 2010-2013. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi manajemen dengan prestasi ekstrakurikuler, terbukti dari hasil perhitungan korelasi spearmen didapatkan nilai 0,236 dengan signifikasi 0,764.

Kata Kunci: manajemen dan prestasi ekstrakurikuler

Abstract

Not only by physical education but also by school extracurricular that be tought in school as school sport activities. With the extracurricular activities in schools can develop physical activity and to develop student’s talent and interest in the sport to the level of non-academic achievement. But in non-academic achievement or extracurricular achievements in school is the role of a clear management such as: planning, organization, implementation, and supervision. The purpose of this research is looking for correlations management with the extracurricular achievements in MTsN Kandat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri and researcher use the extracurricular activities population such as : Jiu-Jitsu, martial arts, Badminton, Volleyball and foot ball. For the data of management variables in this research are taken from the values of questionnaire that be given and be completed by each the extracurricular coach in MTsN Kandat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Completion of the questionnaire is filled to find out the value management criteria that existing extracurricular in  MTsN Kandat Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. While the researchers took extracurricular achievement variable and recapitalize from the extracurricular achievement results in an official match of the year 2010-2013. From these results it can be concluded thet there is no management correlation with the extracurricular achievements. It can be proved from the correlation calculation results by Spearman that be obtained with a value of 0,236 and with significance value of 0,764

Keywords: managements and extracurricular achievements.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 44